Jumat 14 Apr 2023 22:00 WIB

Erik Ten Hag Khawatirkan Kebugaran Lisandro Martinez dan Raphael Varane

Daftar pemain cedera MU makin panjang.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Bek Manchester United (MU) Lisandro Martinez ditandu keluar lapangan dalam laga Liga Europa melawan Sevilla.
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Bek Manchester United (MU) Lisandro Martinez ditandu keluar lapangan dalam laga Liga Europa melawan Sevilla.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Erik ten Hag mengkhawatirkan kebugaran Lisandro Martinez dan Raphael Varane setelah pertandingan leg pertama perempat final Liga Europa melawan Sevilla di Old Trafford, Jumat (14/4/2023) dini hari WIB. MU yang harusnya bisa menyelesaikan laga dengan kemenangan 2-0 harus kebobolan dua gol bunuh diri pada menit-menit akhir.

Dua gol dari Marcel Sabitzer pada babak pertama membuat the Red Devils memegang kendali di Old Trafford yang penuh sesak. Tendangan Antony membentur tiang gawang setelah turun minum saat mereka berusaha untuk memperbesar keunggulan mereka.

 

Sevilla yang telah banyak berubah hanya mampu menciptakan sedikit peluang. Namun sebuah gol bunuh diri Tyrell Malacia di menit ke-84 menjadi penyelamat, di mana cedera yang terlihat serius yang dialami oleh Martinez dengan cepat memperparah keadaan.

 

United telah kehilangan bek tengah Varane karena cedera. Setan Merah telah memainkan seluruh pemain pengganti mereka ketika pemain internasional Argentina tersebut keluar dari lapangan, yang berarti mereka mengakhiri pertandingan dengan 10 pemain.

 

Juara enam kali Liga Eropa, Sevilla, memanfaatkan keunggulan pemain dan sundulan Youssef En-Nesyri di waktu tambahan memantul dari pemain pengganti Varane, Harry Maguire, mencetak gol bunuh diri sehingga leg pertama berakhir dengan skor 2-2.

 

"Saya harus melakukan (pergantian pemain), tidak ada cara lain," kata pelatih United, Ten Hag.

 

"Rafa cedera dan yang pertama harus saya mainkan. Kemudian Anthony Martial menjadi starter pertama setelah periode yang panjang, jadi kami harus memasukkan (penggantinya) pada menit ke-60," ujar Ten Hag.

 

Kemudian Bruno Fernandes, Ten Hag mengaku mendapat peringatan dari wasit bahwa ia terancam mendapatkan kartu kuning kedua. Begitu juga dengan Antony dos Santos, sehingga ia harus memasukkan pemain pengganti.

 

"Saya tidak punya pilihan lain. Namun, tetap saja, kami mengendalikan permainan, tetap saja kami harus mencetak gol ketiga," kata dia.

 

 

Penghapusan gol tandang di kompetisi Eropa berarti hasil imbang pada hari Kamis tidak semahal yang seharusnya, meskipun pertandingan ini dapat memiliki konsekuensi yang lebih luas pada musim United.

 

Varane keluar saat jeda dengan masalah yang tidak disebutkan yang menurut Ten Hag telah "dikeluhkannya selama beberapa pekan terakhir". Disusul rekannya Martinez menepi dengan memegangi pergelangan kaki kanannya.

 

Marcos Acuna dan Gonzalo Montiel, sesama pemenang Piala Dunia 2022, menggotong sang pemain bertahan yang tampak putus asa. Ia akhirnya meninggalkan lapangan dengan tandu saat para pendukung United meneriakkan 'Argentina'.

 

"Dia tidak akan bermain pada Ahad," kata Ten Hag. "Kelihatannya seperti itu, tetapi saya tidak bisa mengatakan apa diagnosisnya dan saya lebih suka menunggu dan kemudian kami akan mengetahui dengan jelas dan kami tahu persis apa itu. Saya telah berbicara dengannya dan dia baik-baik saja. Dia tenang." 

 

 

Martinez dan Varane bergabung dengan daftar cedera yang diisi Marcus Rashford, Luke Shaw dan Alejandro Garnacho.

 

Gelandang kunci Fernandes akan absen pada pertandingan kedua pekan depan di Sevilla karena skorsing, dengan perjalanan ke Spanyol dilakukan setelah pertandingan Liga Primer Inggris melawan Nottingham Forest yang terancam degradasi pada Ahad.

 

"Saya memiliki ide tentang apa yang bisa kami mainkan pada Ahad, tetapi pertama-tama kami harus melihat besok dan tentu saja berbicara dengan tim medis," ujar Ten Hag.

 

"Kami harus melihat bagaimana kami keluar dari permainan. Kami memiliki rencana dan kemudian kami akan membawa tim yang bagus ke lapangan."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement