Jumat 14 Apr 2023 22:41 WIB

Timnas Indonesia U-22 Kena Comeback, Ditaklukkan Lebanon 2-1

Tiga gol pada laga Indonesia vs Lebanon tercipta pada pengujung laga.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Para pemain timnas Indonesia U-22,
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Para pemain timnas Indonesia U-22,

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Timnas Indonesia U-22 kena comeback saat melakoni laga uji coba melawan Lebanon U-22 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada Jumat (14/4/2023) malam WIB. Indonesia unggul lebih melalui gol bunuh diri Ali Rida di menit ke-83 tapi dengan cepat dibalas oleh gol Mahdi Sabbah dan gol Nasser membalikkan keadaan menjadi 2-1.

Peluang pertama dimiliki Indonesia pada menit kelima. Jeam berhasil menerobos dari sisi kanan melewati garis akhir pertahanan. Ia kemudian melepaskan umpan silang ke tengah, tapi Titan tidak dalam posisi yang baik untuk mengeksekusi bola. Sentuhannya meleset.

Baca Juga

Tiga menit berselang, peluang serupa dimiliki Taufany saat ia menerima umpan di tengah kotak penalti. Namun sepakannya ke arah gawang masih terlalu tinggi, bola hanya melintas di atas mistar gawang Ramo Mjally.

Upaya dari Lebanon untuk menembus pertahanan Indonesia akhirnya berhasil pada menit ke-11. Terobosan dari Al Masri kepada Nasser ke sisi kanan berhasil menembus penjagaan Indonesia. Namun, laju bola terlalu deras dan sudah keluar lapangan sebelum berhasil dikendalikan oleh Nasser.

Skuad Garuda terus menekan dengan garis pertahanan yang tinggi. Permainan bola-bola pendek terjadi di area tengah lapangan untuk membuka ruang di sisi sayap. Pada menit ke-20, terobosan dari Titan berhasil menembus pertahanan Lebanon, Haykal berhasil menguasai bola sebelum keluar lapangan. Sayang, umpan silangnya berhasil diblokir dan menghasilkan tendangan sudut.

Tembakan tepat sasaran pertama bagi Indonesia tercipta pada menit ke-26 yang dilakukan oleh Jeam. Namun itu masih bisa ditepis oleh kiper. Dua menit berselang percobaan jarak jauh dari Titan dengan tendangan mendatar ke sisi kanan gawang, namun meleset tipis dari sasaran.

Peluang emas dimiliki Lebanon saat mendapatkan hadiah tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti di menit ke-39. Tendangan bebas dieksekusi oleh Haidar dengan umpan langsung ke kotak, tapi bola berhasil disapu keluar. Indonesia segara melancarkan serangan balik cepat, tapi upaya itu berhasil digagalkan.

Peluang dimiliki Lebanon pada menit ke-44. Kombinasi serangan mereka berhasil menembus pertahanan Indonesia hingga ke area kotak penalti. Nasser melakukan penetrasi yang diakhiri dengan penyelesaian akrobatik tendangan salto ke gawang. Namun bola berhasil diamankan oleh Ernando. Tidak ada gol tercipta hingga turun minum.

Pada babak kedua, peluang emas dimiliki Indonesia di menit ke-50. Kombinasi serangan skuad Garuda berhasil menembus pertahanan Lebanon, Jeam menerima umpan terobosan di sisi kanan kotak penalti. Ia kemudian melepaskan umpan silang ke tengah gawang kepada Sananta, tapi sentuhannya gagal membelokkan bola ke gawang.

Tiga menit berselang, kerjasama Jeam dan Sananta kembali terjadi. Jeam berhasil merebut bola dari pemain bertahan Lebanon, setelah berhasil menguasai bola ia melepaskan umpan terobosan kepada Sananta. Namun Sananta terlalu terburu-buru saat berhadapan dengan kiper, tembakan melebar kauh dari sasaran.

Lebanon memiliki peluang emas dari tendangan bebas di menit ke-65. Tendangan bebas berhasil menembus pagar hidup Indonesia, tapi Ernando berhasil menepisnya. Tendangan susulan dari bola rebound dieksekusi oleh Mahdi Sabbah, beruntung bagi Indonesia, Ernando berhasil menepis tendangan tersebut. 

Pada menit ke-83 Indonesia akhirnya bisa memecahkan kebuntuan. Irfan Jauhari menerima bola dari lemparan ke dalam untuk Indonesia di sisi kiri kotak penalti. Ia kemudian melepaskan umpan tarik ke tengah kotak, namun bola membentur Ali Rida sehingga mengarah ke gawangnya sendiri. Skor 1-0 untuk Indonesia dari gol bunuh diri Ali Rida.

Keunggulan Indonesia tak bertahan lama, Lebanon berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-89. Serangan dari sisi kiri oleh Ali Shaitou berhasil menembus pertahanan Indonesia. Ali melepaskan umpan silang ke kotak penalti yang berhasil dimaksimalkan Mahdi Sabbah dengan tandukan ke gawang.

Pada menit-menit akhir, Lebanon membalikkan keadaan. Gol diciptakan oleh Nasser saat memaksimalkan kombinasi serangan ke area kotak penalti Indonesia. Tambakan kaki kanan Nasser dari sisi kanan kotak penalti gagal diamankan oleh Ernando. Skor akhir 2-1 untuk kemenangan Lebanon.

Susunan pemain Indonesia vs Lebanon

Indonesia (4-4-2): Ernando Ari (kiper); Bagas Kaffa, Komang Teguh, Haykal Alhafiz, Rizky Ridho; Beckham Putra, Taufany Muslihuddin, Kanu Helmiawan, Andy Harjito; Jeam Kelly, Titan Agung

Pelatih: Indra Sjafri 

Lebanon (4-3-3): Ramo Mjally (kiper); Ali Al Rida, Hussein Ezzeddine, Maxime Aoun, Baker El Houssein; Ali El Fadel, Hasan Srour, Mohamad Haidar; Al Masri Dit Al Yawafi, M. Mahdi Sabbah, Mohammad Nasser

Pelatih: Miguel Costa Moreira

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement