Ahad 16 Apr 2023 15:40 WIB

Pasukan TNI Ada di Berbagai Bidang Strategis, Ini 5 Pesepak Bola yang Merupakan Tentara

Saat ini, doa dan dukungan kepada TNI sedang terus mengalir.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Personel TNI AD berpatroli di pelosok Kabupaten Yakuhimo, Provinsi Papua beberapa waktu lalu.
Foto: Dok TNI AD
Personel TNI AD berpatroli di pelosok Kabupaten Yakuhimo, Provinsi Papua beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tentara Nasional Indonesia (TNI) membenarkan kabar tentang penyerangan teroris kriminal bersenjata (KKB) Papua di Nduga, Papua Pegunungan, terhadap pasukan Satgas Yonif R 321/GT. Kapendam-17/Cenderawasih Kolonel Herman Taryaman mengatakan, serangan tersebut terjadi persinya di Pos Mugi-Mam pada Sabtu (15/4/2023) sore waktu setempat.

Namun, pihak militer Indonesia belum dapat memastikan berapa korban jiwa dalam serangan tersebut. “Bahwa benar, prajurit TNI dari Satgas Yonis R 321/GT yang bertugas di wilayah Mugi-Mam, Kabupaten Nduga diserang dan ditembak oleh gerombolan KST (Kelompok Separatisme Terorisme) Papua,“ kata Kolonel Herman dalam siaran pers kepada republika.co.id, Ahad (16/4/2023) pagi.

Baca Juga

Menurut dia, otoritas militer setempat masih melakukan pemantauan dan upaya untuk menuju ke lokasi penyerangan. Akan tetapi, dikatakan Kolonel Herman, upaya tersebut tersebut belum dapat dilakukan karena sampai Ahad (16/4/2023), kondisi cuaca yang hujan dan berkabut membuat medan dan lokasi sulit dijangkau.

Atas peristiwa itu, doa dan dukungan untuk TNI mengalir deras. Kepedulian masyarakat kepada TNI terlihat begitu tinggi.

TNI sendiri sudah masuk ke seluruh ranah kehidupan yang berinteraksi langsung dengan masyarakat luas. Termasuk, sepak bola. 

Dunia kulit bundar cukup akrab dengan TNI. Itu karena, di setiap markas TNI mereka selalu menyediakan lapangan sepak bola yang luas.

Pun, kerap melakukan kegiatan olahraga sepak bola antar kelompok atau regu. Bukan tidak mungkin, bakat-bakat mudah pesepak bola Tanah Air dapat lahir dari hal seperti ini.

 

Berikut lima deretan pesepak bola Indonesia yang merupakan pasukan Elite, Ahad (16/4/2023);

 

 1. Manahati Lestusen:

photo
Pesepak bola Persikabo 1973 Manahati Lestusen (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Persis Solo Althaf Indi Alrizky (kiri) pada lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Ahad (7/8/2022). Persikabo 1973 menang dengan skor 2-0. - (ANTARA/Yulius Satria Wijaya)

Manahati merupakan anggota TNI aktif dengan pangkat Sersan Dua. Ia tampil dan kiprahnya di atas lapangan kerap jadi andalan pelatih.

 

2. Abduh Lestaluhu

Abduh Lestaluhu merupakan anggota TNI berpangkat Sersan Dua. Bahkan pemain berusia 29 tahun ini sempat menjadi Polisi Militer.

Momen heroik yang dikenal Abduh Lestaluhu adalah ketika ia menghantam bola ke bench pemain cadangan timnas Thailand pada final Piala AFF 2016 lalu.

 

3. Andy Setyo Nugroho

Pesepak bola ketiga adalah Andy Setyo Nugroho. Dia merupakan anggota dari Kesatuan Komando Strategi Angkatan Darat (Kostrad).

 

4. Dimas Drajad

Namanya cukup mentereng saar memperkuat timnas Indonesia ketika bentrok melawan Curacao beberapa waktu lalu.

Tampil moncer sebagai penyerang Gardua Merah Putih. Dimas Drajad nyatanya merupakan anggota TNI aktif. Dia sempat bertugas sebagai Polisi Militer di Kodam V/ Brawijaya.

 

5. Angga Saputra

Penjaga gawang Borneo FC, Angga Saputra merupakan TNI aktif yang bertugas di Kodam V/Brawijaya, Jawa Timur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement