Senin 17 Apr 2023 07:31 WIB

Indonesia Ingin Ranking FIFA Kelas Piala Dunia? Ini Yang Mesti Dilakukan Erick Thohir

Tidak ada peserta Piala Dunia yang berada di atas peringkat 70.

FIFA.
Foto: EPA/STEFFEN SCHMIDT
FIFA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Posisi Indonesia di ranking FIFA naik dua tingkat dari posisi 151 ke urutan 149. Skuad Merah Putih masih harus bekerja lebih keras lagi untuk bisa masuk ranking kelas Piala Dunia yakni peringkat 50 besar FIFA. 

Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari, menilai PSSI di bawah kepemimpinan Ketua Umum Erick Thohir harus menyusun program untuk terus memperbaiki posisi peringkat Indonesia. PSSI harus sesegera menyusun konsep atau formula yang jelas dan terukur dalam mengejar poin yang telah ditentukan standarisasinya oleh FIFA. 

‘’Rute menuju rangking 90an, 70an dan 50an inilah yang perlu disusun oleh PSSI. Kalau pakai rangking FIFA, patokannya jelas dan kuantitatif,” kata Qodari, dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Ahad (16/4/2023).

Agar skuad Garuda mampu berbuat banyak di level Asia, Qodari menyebut Indonesia mesti masuk jajaran rangking 70 besar FIFA. Sementara berkompetisi di pentas Piala Dunia, skuad Merah Putih harus bisa masuk peringkat 50 besar.

Untuk menuju level terbaik ranking FIFA, Qodari menyarankan PSSI tinggal meniru apa yang dikerjakan oleh negara-negara maju dalam bidang persepakbolaanya. Contohnya seperti Argentina, Prancis, Brazil, Belgia dan Inggris yang tercatat 5 besar kelas dunia.

“Apa yang dimiliki negara dengan rangking 90an? 70an? 50an?,’’ katanya. ‘’Kita tinggal ikuti, Insya Allah akan sampai di titik tujuan.’’

Qodari menegaskan bahwa tidak ada negara peserta Piala Dunia yang strata atau kelasnya berada di atas peringkat 70. Apalagi, timnas yang masih dalam barisan 100 ke atas.

Indonesia naik dua peringkat dalam ranking FIFA terbaru. Hasil kemenangan dan imbang melawan Burundi pada FIFA Matchday bulan lalu, membuat posisi Indonesia dalam ranking FIFA naik dua peringkat.

Indonesia berada di peringkat 149 dalam ranking FIFA terbaru dari yang sebelumnya 151 dunia. Burundi yang sebelumnya berada di posisi 141 sebelum melawan Indonesia, turun ke posisi 145 dunia.

"Saya menilai jika melihat 10 (tahun) terakhir, kita tidak pernah di bawah (ranking) 150. Nah, ini baru dua bulan sudah ke-149, artinya apa? Kalau kita kerja lebih giat lagi, potensinya luas," ujar Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement