Selasa 18 Apr 2023 07:22 WIB

Enggan Pikirkan Peluang Liverpool Finis Empat Besar, Klopp: Yang Penting Tampil Semangat

Klopp meminta para pemain Liverpool memenangi delapan laga sisa musim ini.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp .
Foto: EPA-EFE/Peter Powell
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp .

REPUBLIKA.CO.ID, LEEDS -- Liverpool menutup pekan ke-31 Liga Primer Inggris dengan penampilan meyakinkan. Datang ke markas Leeds United, Stadion Elland Road, The Reds sukses mencetak setengah lusin gol dan menutup laga dengan kemenangan, 6-1, Selasa (18/4/2023) dini hari WIB.

Cody Gakpo membuka keunggulan Liverpool pada menit ke-35, kemudian dikuti Mohamed Salah pada menit ke-39. Tim tuan rumah mampu membalas pada menit ke-47 via torehan Luis Sinisterra. Namun, itu menjadi satu-satunya gol yang bisa dicetak The Whites.

Baca Juga

Sisa laga benar-benar menjadi milik The Reds. Tim besutan Jurgen Klopp itu mencetak empat gol di sisa pertandingan. Dua gol oleh Diogo Jota, Salah, dan Darwin Nunez. Liverpool kembali ke tren kemenangan di pentas Liga Primer Inggris usai menelan dua kekalahan dan dua hasil imbang di empat laga terakhir.

Tambahan tiga angka di laga ini tentu menjadi tambahan poin krusia buat Liverpool, yang masih terpuruk di peringkat kedelapan klasemen sementara Liga Primer Inggris. Begitu pula dengan upaya The Reds untuk bisa memperbaiki posisi dan merangasek dalam persaingan perebutan empat besar.

Kendati begitu, pelatih Klopp enggan bicara peluang The Reds untuk bisa finis di empat besar Liga Primer Inggris musim ini sekaligus mengamankan satu tiket di putaran grup Liga Champions musim depan. 

''Saya tidak punya petunjuk atau tidak tahu, apakah kami bisa mendekat (ke empat besar). Namun, saya rasa, itu tidak terlalu penting. Saya hanya ingin melihat, kami tampil dengan semangat, gairah, dan kesepahaman yang sama seperti di laga ini,'' kata Klopp seperti dilansir BBC, Selasa (18/4/2023).

Berada di peringkat kedelapan, Liverpool memang masih terpaut sembilan poin dengan Newcastle United, yang duduk di peringkat keempat. Liverpool tinggal mengantongi delapan laga sisa di Liga Primer Inggris musim ini, sama halnya seperti Newcastle United.

Klopp pun sepertinya sudah mulai berpikir untuk mempersiapkan Liverpool untuk bisa tampil maksimal pada musim depan. Kemenangan besar atas Leeds United, ujar eks pelatih Borussia Dortmund itu, memberikan semangat baru dan optimisme terkait apa yang bakal disiapkan The Reds pada musim depan, terutama dari gaya dan taktik permainan.

''Di mana kami finis pada musim ini, saya benar-benar tidak tahu. Namun, semua ini akan berlanjut setelah musim ini. Itulah kenapa, kami masih memerlukan hasil dan performa terbaik dalam sisa laga pada musim ini. Semua itu agar kami bisa mengerti tengah membangun sesuatu yang baru, sesuatu yang menarik, dan berbeda,'' ujar Klopp.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement