Selasa 18 Apr 2023 15:27 WIB

Banggakan Argentina, FIFA tak Ada Waktu Pikirkan Kesedihan Bangsa Indonesia

FIFA dengan bangga menyampaikan Argentina adalah tuan rumah Piala Dunia U-20 2023

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Presiden FIFA Gianni Infantino. FIFA dengan bangga mengumumkan bahwa edisi Piala Dunia FIFA U-20 tahun ini akan berlangsung di Argentina
Foto: AP Photo/Jorge Saenz
Presiden FIFA Gianni Infantino. FIFA dengan bangga mengumumkan bahwa edisi Piala Dunia FIFA U-20 tahun ini akan berlangsung di Argentina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- FIFA telah dengan bangga mengumumkan Argentina sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Pengamat sepak bola Indonesia Kesit Budi Handoyo meminta masyarakat Indonesia untuk tidak perlu terlalu sensitif menerima kabar bahagia tersebut dengan menganggap FIFA tidak peka dengan kesedihan Indonesia yang gagal menjadi tuan rumah event terbesar kedua sepak bola dunia itu.

"FIFA tidak mengenal yang seperti itu. Mereka tidak peduli, apakah penunjukan Argentina sebagai tuan rumah merupakan pengganti setelah Indonesia dibatalkan. Buat FIFA event Piala Dunia U-20 sudah aman karena Argentina telah dinyatakan siap," kata Kesit saat dihubungi republika.co.id, Selasa (18/4/2023).

Baca Juga

Menurut Kesit, masyarakat Indonesia tak bisa menyalahkan FIFA atau kecewa dengan keputusan FIFA yang membatalkan status tuan rumah Indonesia. Dia mengingatkan bahwa penyebab dari kegagalan itu adalah orang-orang Indonesia itu sendiri. Selain itu, kata dia, wajar jika FIFA senang Argentina siap jadi tuan rumah dalam kurun waktu yang sangat singkat.

"Intinya, Indonesia mau bersedih, mau kecewa karena dibatalkan, FIFA tidak memikirkan. Kita juga tidak perlu meminta-minta FIFA agar mereka lebih sensitif kepada Indonesia, toh gagalnya Indonesia jadi tuan rumah karena ulah orang-orang Indonesia sendiri yang tidak memegang kuat komitmennya," kata Kesit.

Sebelumnya, Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) telah bergerak dengan cepat untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah ketika pembatalan status tuan rumah Indonesia masih menjadi rumor. Setelah dipastikan batal digelar di Indonesia, AFA langsung mengajukan tawaran resmi kepada FIFA. Setelah itu, delegasi FIFA melakukan inspeksi ke tempat turnamen yang diusulkan dan infrastruktur terkait.  

Kini, perjanjian tuan rumah telah ditandatangani oleh AFA, bersama dengan semua dokumen terkait lainnya dari pihak tuan rumah dan otoritas lokal. Setelah diberikan hak menjadi tuan rumah turnamen, Argentina akan bertanding di ajang tersebut menggantikan Indonesia. 

"FIFA dengan bangga mengumumkan bahwa edisi Piala Dunia FIFA U-20 tahun ini akan berlangsung di Argentina, karena kandang juara dunia membuka pintunya bagi superstar sepak bola dunia masa depan," kata Presiden FIFA Gianni Infantino dalam keterangannya, Selasa (18/4/2023).

"Saya ingin berterima kasih kepada AFA dan khususnya Presidennya Claudio Tapia, serta otoritas pemerintah, atas komitmen mereka untuk menjadi tuan rumah acara yang luar biasa ini dalam waktu sesingkat itu," ujarnya menambahkan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement