Sabtu 22 Apr 2023 22:01 WIB

Masih Rasakan Dendam Kesumat, McGregor: Di Mana Khabib Sekarang? Dia Melarikan Diri!

Khabib seolah merasuk ke pikiran McGregor yang kesal karena alami kekalahan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Khabib Vs Mcgregor pada 2018 silam.
Khabib Vs Mcgregor pada 2018 silam.

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS -- Petarung Mixed Martial Arts (MMA), Conor McGregor, tidak bisa menyembunyikan amarahnya saat ditanya soal Khabib Nurmagomedov. McGregor bahkan menyebut, petarung MMA asal Dagestan, Rusia, itu kini tidak memberikan kontribusi apapun terhadap MMA dan Ultimate Fighting Championship (UFC).

McGregor dan Khabib memang sempat terlibat perseteruan sengit saat sama-sama masih aktif sebagai petarung di arena UFC. Di kompetisi paling bergengsi di pentas MMA tersebut, pertarungan antara keduanya sempat memecahkan rekor sebagai salah satu pertarungan dengan nilai pay per view terbesar sepanjang sejarah.

Dalam pertarungan yang digelar pada Oktober 2018 itu, McGregor harus mengakui kedigdayaan Khabib. Petarung berjuluk Notorious itu tidak berdaya dengan kucian yang dilakukan Khabib. Kemenangan atas McGregor itu sekaligus menegaskan petarung berjuluk The Eagle itu sebagai pemegang sejati sabuk juara kelas ringan UFC.

Khabib tetap memegang sabuk juara tersebut hingga akhirnya memutuskan mundur dari arena UFC pada Oktober 2020 silam. Khabib mundur dengan rekor impresif, 29 kemenangan tanpa sekalipun merasakan kekalahan. Khabib pun kerap dianggap sebagai salah satu pertarung terbaik di sepanjang sejarah UFC.

Namun, klaim ini ditolak oleh McGregor. Dalam wawancara dengan ESPN MMA, petarung asal Republik Irlandia itu menilai, Khabib hanya melarikan diri dan tidak mau lagi bersaing dengan para petarung kelas dunia.

''Di mana dia sekarang. Kenapa dia pensiun?, dia hanya melarikan diri dan menjadi gendut. Dia tidak memiliki kontribusi apapun untuk olahraga ini,'' ujar McGregor dalam potongan video di YouTube, baru-baru ini. 

photo
Khabib Nurmagomedov membanting Conor McGregor pada laga UFC 229 di Las Vegas, Sabtu (8/10/2018) waktu setempat. - (John Locher/AP)

Tidak hanya itu, McGregor juga mempertanyakan soal rekor bertanding Khabib. Menurutnya, Khabib hanya memilih petarung-petarung yang bisa dengan mudah dikalahkan. Sebelum akhirnya bisa mencatatkan rekor tidak pernah kalah dalam 13 laga, ujar McGregor, Khabib selalu gagal dalam pengukuran berat badan.

Semua laga yang dijalani Khabib, lanjut McGregor, merupakan pertarungan yang telah diatur oleh sang ayah, Abdumanap Nurmagomedov. Selama berkarier di UFC, Khabib memang tidak bisa dilepaskan dari sosok sang ayah, yang sekaligus menjadi pelatihnya. 

Bahkan, salah satu alasan utama Khabib mundur dari arena UFC lantaran tidak lagi didampingi sang ayah. Abulmanap Nurmagomedov, meninggal dunia pada 2020 silam. Tidak lama berselang, Khabib pun memutuskan mundur dari gelaran UFC dan melepas semua gelar juaranya.

''Itu adalah pertunjukan ayahnya (Abdulmanap Nurmagomedov). Ayahnya sudah mengatur semua pertandingan untuk dirinya. Dia bahkan kesulitan saat menghadapi petarung yang hanya bisa dua kali menang dan delapan kali kalah. Sekarang, dia sudah melarikan diri,'' kata McGregor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement