Ahad 23 Apr 2023 09:00 WIB

Bekuk Celta Vigo, Bukti Keberhasilan Kebijakan Rotasi Pemain Real Madrid

Pelatih Carlo Ancelotti merotasi sejumlah pemain Madrid saat mengalahkan Celta Vigo.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Para pemain Real Madrid merayakan gol ke gawang Celta Vigo.
Foto: EPA-EFE/Rodrigo Jimenez
Para pemain Real Madrid merayakan gol ke gawang Celta Vigo.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti memilih untuk mengistirahatkan sejumlah pemain di laga kontra Celta Vigo, Ahad (23/4/2023) dini hari WIB. Kendati begitu, Los Blancos tetap mampu menutup laga pada jornada ke-30 La Liga tersebut dengan kemenangan, 2-0.

Dalam laga di Stadion Santiago Bernabeu itu, Ancelotti memutuskan untuk melakukan rotasi pemain, termasuk dengan memberikan kepercayaan pada Marco Asensio, Dani Ceballos, Aurelien Tchouameni, tampil sejak menit pertama. Pun dengan keputusan untuk kembali menurunkan Eduardo Camavinga sebagai bek kiri.
 
Hasilnya pun maksimal. Dua gol kemenangan Los Blancos di laga ini tidak terlepas dari kontribusi Asensio. Tidak hanya mencetak gol pembuka Real Madrid pada menit ke-42, winger asal Spanyol itu juga memberikan assist pada Eder Militao untuk mencetak gol kedua Los Blancos, tepatnya pada menit ke-48. 
 
Ancelotti mengakui, kemenangan atas Celta Vigo ini menjadi penanda keberhasilan rotasi pemain yang dia terapkan. Real Madrid masih mampu memetik hasil positif, kendati tidak menurunkan sejumlah penggawa inti di tengah-tengah jadwal pertandingan yang padat.
 
''Saya memiliki kepercayaan diri terhadap tim ini. Kami bisa mengatasi rotasi pemain dengan baik. Sikap dari tim ini juga cukup positif, terutama saat Anda harus kembali tampil usai merumput pada tengah pekan. Dari segi mentalitas bertanding, tim ini sudah cukup kuat,'' ujar Ancelotti seperti dilansir laman resmi klub, Ahad (23/4/2023).
 
Pelatih asal Italia itu juga menyoroti tren peningkatan performa sektor pertahanan Los Blancos. Dalam empat laga terakhir di semua ajang, juara bertahan Liga Champions dan La Liga itu mampu menyelesaikan laga dengan catatan clean sheet/. 
 
Soliditas di lini belakang, ujar Ancelotti, bisa semakin meningkatkan kepercayaan diri para penggawa lini serang untuk bisa mencetak gol. ''Torehan clean sheet itu menunjukkan kolektivitas dan komitmen yang sehat dari tim ini. Kemudian, saat Anda memiliki barisan pemain dengan kualitas mumpuni di lini depan, Anda akan selalu bisa mencetak gol,'' kata eks pelatih Everton tersebut.
 
Tambahan tiga poin di laga ini pun terbukti krusial dalam menjaga asa Madrid dalam perebutan gelar juara Liga Spanyol. Kemenangan ini membawa Los Blancos memangkas jarak poin dengan Barcelona, yang duduk di puncak klasemen sementara Liga Spanyol. Madrid tertinggal delapan poin. Namun, selisih poin ini bisa kembali bertambah apabila Blaugrana sukses membungkam Atletico Madrid pada jornada ke-30, Ahad (23/3/2024) malam WIB.
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement