Senin 24 Apr 2023 11:11 WIB

Ter Stegen Catat Clean Sheet Terbanyak Barcelona

Ter Stegen menorehkan catatan 23 kali clean sheet.

Kiper FC Barcelona Marc-Andre Ter Stegen.
Foto: EPA-EFE/Alejandro García
Kiper FC Barcelona Marc-Andre Ter Stegen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjaga gawang Marc-Andre Ter Stegen mencatatkan rekor nirbobol atau clean sheet terbanyak Barcelona dalam sejarah Liga Spanyol. Ter Stegen menorehkan catatan 23 kali clean sheet.

Catatan itu diperoleh Ter Stegen saat Barcelona menang atas tim tamu Atletico Madrid 1-0 dalam pertandingan lanjutan LaLiga di stadion Spotify Camp Nou pada Ahad (23/4/2023). Catatan clean sheet Ter Stegen menyamai rekor yang diperoleh mantan penjaga gawang Barcelona, Claudio Bravo, pada musim 2014/2015.

Kiper tim nasional Jerman itu musim ini kebobolan hanya dalam tujuh dari 30 pertandingan yang dijalani di La Liga. Ter Stegen kebobolan melawan tim Real Sociedad, Real Madrid (dalam dua pertandingan), Osasuna, RCD Espanyol, Real Betis dan Almeria.

Dengan delapan pertandingan yang masih tersisa di LaLiga, Ter Stegen berpeluang untuk menyalip rekor Jan Oblak yang menjadi kiper dengan catatan clean sheet terbanyak di La Liga. Oblak menorehkan catatan 24 clean sheet pada musim 2015/2016.

Selain itu, Ter Stegen berpeluang besar menyalip rekor Petr Cech yang sampai kini menjadi kiper dengan catatan clean sheet terbanyak dalam satu musim di liga top Eropa dengan catatan 25 kali clean sheet.

Jika Ter Stegen tampil konsisten selama delapan pertandingan tersisa, maka peluangnya untuk menjadi kiper yang kebobolan paling sedikit di LaLiga bisa dicapai. Rekor kebobolan paling sedikit selama satu musim di LaLiga dipegang oleh legenda Deportivo la Coruna Francisco Liano pada musim 1993/1994 dan Jan Oblak 2015/2016 dengan catatan 18 kali kebobolan dalam 38 pertandingan. Sementara saat ini Ter Stegen kebobolan sembilan gol dari 30 pertandingan.

Dengan catatan gemilang Ter Stegen di bawah mistar gawang membuat Barcelona semakin dekat untuk mengunci gelar LaLiga dengan raihan 76 poin. Mereka unggul 11 poin dari rival abadi mereka Real Madrid yang berada di peringkat kedua.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement