Kamis 27 Apr 2023 19:28 WIB

Indra Sjafri Cari Komposisi Terbaik Timnas Indonesia U-22 Lawan Filipina

Timnas Indonesia menghadapi Filipina pada Sabtu (29/4) dalam laga pembuka SEA Games.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-22 telah menggelar latihan perdana di lapangan The Dream Visakha Training Camp, Phnom Penh, Rabu (26/4/2023) sore waktu setempat. Masih ada waktu bagi tim asuhan Indra Sjafri untuk mempersiapkan diri menjelang laga perdana Grup A kontra Filipina di SEA Games 2023, Sabtu (29/4/2023). Indra mencari komposisi terbaik untuk laga tersebut. 

Pelatih Indra Sjafri mengatakan, latihan selama dua jam itu berjalan dengan baik dan lancar. Indra bersyukur karena lapangan tempat tim asuhannya berlatih sangat representatif dan kualitasnya cukup baik. Ia mengatakan, sejak tiba di Kamboja, pemain telah menjalani recovery dengan dua sesi latihan di hotel.

Baca Juga

"Hari ini kita perdana latihan di lapangan. Alhamdulillah kita dapat fasilitas tiga lapangan yang bisa kita pakai untuk persiapan kita di pertandingan pertama lawan Filipina," kata Indra Sjafri dikutip dari laman resmi PSSI, Kamis (27/4/2023).

Pada latihan perdana ini, Indra Sjafri melihat kondisi pemain sudah cukup baik setelah kemarin melakukan latihan pemulihan di hotel. Pemain yang baru bergabung di akhir pemusatan latihan seperti Marselino Ferdinan juga dalam keadaan sehat dan bisa melalui proses adaptasi.

Indra menyampaikan, semua 20 pemain dipastikan dalam keadaan sehat dan fit ermasuk Marselino. Adapun sedikit masalah yang harus dihadapi oleh skuad Garuda Nusantara adalah adaptasi dengan cuaca yang cukup panas. Namun ia berharap semua pemain bisa pulih 100 persen menjelang pertandingan nanti.

"Terkait cuaca Kamboja yang lagi panas dan kemarin sempat suhunya 38 derajat kami terus melakukan proses adaptasi. Kami juga sudah memulai latihan persis seperti kick off pertandingan yakni pukul 16.00," kata Indra.

Pelatih yang pernah menangani timnas Indonesia U-19 itu juga mengapresiasi PSSI beserta pihak-pihak lain seperti Komite Olimpiade Indonesia atau NOC Indonesia, tim Chef de Mission (CdM) dan Panitia Lokal SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC) yang sudah memberikan fasilitas latihan yang sangat representatif.

"Lapangan latihannya Alhamdulillah berbeda dengan beberapa kali SEA Games. Kita mendapat fasilitas yang sangat baik dan ini pun khusus hanya kita yang bisa pakai dan ini tentu terima kasih kepada PSSI dan pihak yang memberikan lapangan latihan ini," tambahnya.

Di sisi lain, Indra memastikan skuad Garuda Nusantara sudah siap melawan Filipina. Ia mengakui laga perdana sangat penting bagi Rizky Ridho dan kawan-kawan. 

"Ya hari ini kita sudah mulai mencari komposisi terbaik lawan Filipina siapa saja pemain yang kira-kira paling cocok kita mainkan di game pertama kita. Game pertama tentu menjadi game yang sangat penting bagi kita. Dan disetiap turnamen, pertadingan pertama itu adalah modal awal untuk bisa sukses selanjutnya," kata Indra.

Perjuangan Garuda Nuisantara dalam merebut medali emas SEA Games 2023 akan dimulai pada Sabtu (29/4/2023) menghadapi Filipina di Stadion Nasional, Phnom Penh. Setelah itu secara berturut-turut Indonesia bakal menjajal kekuatan Myanmar pada 4 Mei, Timor Leste pada 7 Mei dan Kamboja pada 10 Mei. Ketiga laga itu juga dimainkan di Stadion Nasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement