Kamis 27 Apr 2023 19:54 WIB

Marselino Mulai Adaptasi dengan Timnas U-22 Jelang Lawan Filipina

Marselino baru bergabung dengan timnas U-22 pada Senin (24/4/2023) lalu.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pemain timnas Indonesia U-22 Marselino Ferdinan (kiri)
Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Pemain timnas Indonesia U-22 Marselino Ferdinan (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelandang timnas Indonesia U-22 Marselino Ferdinan mengatakan, ia dalam kondisi yang baik untuk berlaga di SEA Games 2023 Kamboja. Pemain asal klub KMSK Deinze, Belgia ini baru bergabung bersama skuad Garuda Nusantara pada Senin (24/4/2023) lalu, tapi ia memastikan sudah mulai bisa beradaptasi dengan tim.

"Hari pertama latihan yang pasti rasanya masih agak berat karena saya melewati perjalanan yang jauh dari Belgia ke Indonesia, lalu ke Kamboja. Namun saya merasa senang dan enjoy bisa kembali ke timnas," kata Marselino dikutip dari laman resmi PSSI, Kamis (27/4/2023).

Baca Juga

Perjuangan Garuda Nuisantara dalam merebut medali emas SEA Games 2023 akan dimulai pada Sabtu (29/4/2023) menghadapi Filipina di Stadion Nasional, Phnom Penh. Setelah itu, secara berturut-turut Indonesia bakal menjajal kekuatan Myanmar pada 4 Mei, Timor Leste pada 7 Mei, dan Kamboja pada 10 Mei. Ketiga laga itu juga dimainkan di Stadion Nasional.

Nantinya dua tim terbaik dari Grup A dan Grup B berhak mendapatkan tiket ke babak semifinal yang berlangsung pada 13 Mei. Adapun Grup B berisikan juara bertahan Vietnam, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Laos. 

Marselino mengatakan dia tidak ada kendala dalam proses adaptasi apalagi dirinya mengenal dengan baik seluruh rekan-rekannya. Selain itu, proses latihan juga berjalan lancar.

"Soal adaptasi, pertama dengan cuaca panas sangat menyengat di Kamboja. Bagi saya sih lumayan dan harus cepat adaptasi dengan baik. Namun kalau saya lebih memilih adaptasi ke panas daripada adaptasi ke dingin. Badan saya oke 100 persen, tapi untuk (fisik) mungkin masih jetlag dalam artian sering (mudah) capek itu masih ada. Kondisi teman-teman saya lihat baik, lancar, dan kami siap lawan Filipina di laga pertama," ujar Marselino.

Pemain yang juga pernah memperkuat timnas U-16 dan U-20 itu menambahkan, saat ini langsung fokus menghadapi Filipina. "Filipina tidak bisa dianggap remeh juga meskipun sebagian besar mereka adalah (wajah) baru. Apalagi pertandingan pertama adalah laga penting untuk melanjutkan ke laga selanjutnya," ujarnya menambahkan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement