Ahad 30 Apr 2023 09:48 WIB

CdM Indonesia Harap Skuad Garuda Jaga Konsistensi Usai Taklukkan Filipina 3-0

Lexyndo berharap skuad Garuda Muda bisa jaga konsistensi hingga akhir turnamen.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Manajer timnas Indonesia Sumardji, Cdm kontingen Indonesia Lexyndo Hakim, dan pelatih timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri di Lapangan ABC Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (5/4/2023).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Manajer timnas Indonesia Sumardji, Cdm kontingen Indonesia Lexyndo Hakim, dan pelatih timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri di Lapangan ABC Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (5/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas sepak bola Indonesia U-22 membuka laga perdana Grup A SEA Games 2023 Kamboja dengan menghadapi Filipina, di Olympic Stadium, Phnom Penh, Sabtu (29/4/2023) sore WIB. Tim Merah Putih berhasil menang dengan skor 3-0.

Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja, Lexyndo Hakim, berharap skuad Garuda Muda bisa menjaga konsistensi hingga akhir turnamen.

Baca Juga

"Saya mengapresiasi kemenangan 3-0 timnas Indonesia U-22 atas Filipina. Ini menjadi awal baik dan saya harap para pemain, pelatih, serta ofisial dapat menjaga konsistensi permainan seperti ini hingga akhir SEA Games 2023," kata Lexy dalam keterangannya, Sabtu (29/4/2023).

Lebih lanjut, Lexy juga berterima kasih kepada sebagian besar warga negara Indonesia yang telah menyempatkan hadir ke stadion untuk mendukung perjuangan Marselino Ferdinan dkk. Dukungan dari para suporter itu tidak terbendung meskipun cuaca panas sekitar 35-36 derajat Celcius tengah menyerang Kamboja.

"KBRI memberikan dukungan buat timnas dengan mengerahkan sekitar 1000 orang buat nonton dan suport timnas langsung di stadion. Padahal, suhu saat timmas main cukup panas, sekitar 35-36 derajat C, tapi itu tidak menyurutkan mental pemain dan semangat suporter untuk mendukung," ujar Lexy.

Tim asuhan Indra Sjafri mampu mengakhiri babak pertama dengan keunggulan. Setelah buntu selama 45 menit, Marselino Ferdinand akhirnya mencetak gol sebelum turun minum. Umpan Rio Fahmi bisa diselesaikan pemain nomor punggung 7 itu dengan tendangan kaki kanan. Gol itu menutup babak pertama.

Indonesia berpeluang menambah angka di menit ke-60 melalui tendangan penalti. Hadiah itu diberikan setelah Witan Sulaeman dilanggar oleh Rublico Santiago Colminas di area terlarang. Wasit pun menunjuk titik putih. Rizky Ridho maju sebagai penendang, namun sepakannya ditepis oleh kiper Filipina, Kammeraad Quincy.

Indonesia baru berhasil menggandakan keunggulan di menit-menit akhir. Irfan Jauhari sukses mencetak gol lewat tembakan akurat setelah melakukan umpan satu dua dengan Muhammad Taufany pada menit ke-89. Saat pertandingan memasuki masa injury time, Muhammad Fajar Fathur Rahman, memperbesar keunggulan menjadi 3-0. Fathur Rahman mencetak gol lewat tembakan keras memanfaatkan umpan silang Rio Fahmi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement