Ahad 30 Apr 2023 16:38 WIB

Rizky Ridho Gagal Eksekusi Penalti, Ini Reaksi Indra Sjafri

Rizky Ridho maju sebagai algojo tendangan penalti, namun gagal memaksimalkan kansnya.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pemain bertahan timnas Indonesia U-22 Rizky Ridho Ramadhani.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pemain bertahan timnas Indonesia U-22 Rizky Ridho Ramadhani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-22 berhasil meraih kemenangan 3-0 pada laga perdana SEA Games 2023 Kamboja melawan Filipina, Sabtu (29/4/2023) sore WIB. Gol kemenangan Indonesia masing-masing dicatatkan oleh Marselino Ferdinan, Irfan Jauhari, dan Fathur Rachman. Namun di samping itu ada penalti dari Rizky Ridho yang gagal membuahkan gol.

Pada laga tersebut Marselino membuka keunggulan bagi Indonesia di menit-menit akhir babak pertama saat menyelesaikan umpan dari Rio Fahmi. Di babak kedua, menit ke-60 Indonesia mendapat hadiah penalti setelah Witan Sulaeman dilanggar oleh Rublico Santiago Colminas di area terlarang. Rizky Ridho maju sebagai algojo tendangan titik putih, namun ia gagal memaksimalkan peluang emas tersebut.

Baca Juga

"Penendang penalti, kalau seandainya kita dapat penalti. Ridho salah satunya yang kita pilih. Apakah nanti ke depan (dievaluasi), ya kita lihat nanti," kata Indra, Sabtu (29/4/2023).

Indra mengakui anak asuhnya sempat kesulitan di laga perdana itu. Rizky Ridho dkk harus berjuang untuk mengembangkan pertandingan dari waktu ke waktu. Setelah gol dari Marselino sebelum turun minum, tim Merah Putih mulai bangkit di babak kedua. Perjuangan yang tak kenal lelah dibuktikan dengan gol-gol di menit-menit akhir pertandingan yang dicatatkan oleh Irfan Jauhari dan Fathur Rachman.

"Pertandingan yang berat dan anak-anak di babak pertama belum bisa mengembangkan permainan, tetapi mereka dari menit ke menit berkembang, dan di babak kedua mereka mulai bisa bermain dengan baik," kata pelatih berusia 60 tahun itu.

Pelatih yang pernah membawa Indonesia meraih medali perak di SEA Games 2019 Filipina itu mengatakan, akan mengevaluasi tim setelah mendapatkan laporan dari tim analis. Ia mengaku belum memiliki data lengkap dari hasil permainan tersebut.

"Saya enggak pernah melakukan evaluasi sebelum semua informasi tentang pertandingan kami dapatkan," kata Indra menjelaskan. "Jadi besok baru tim performa atau penganalis kita akan mengirimkan report, dan setelah itu kita melakukan evaluasi."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement