Rabu 03 May 2023 15:18 WIB

Mari Berkenalan dengan Roundnet, Cabor Baru yang Diyakini Segera Mendunia

Roundnet merupakan sebuah olahraga net yang pertama kali hadir di Amerika Serikat.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Atlet roundnet dari klub Rovers Roundnet Club Hadis Alip mengikuti seleksi nasional tahap kedua di Taman Pramuka, Kota Bandung, beberapa waktu lalu.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Atlet roundnet dari klub Rovers Roundnet Club Hadis Alip mengikuti seleksi nasional tahap kedua di Taman Pramuka, Kota Bandung, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cabang olahraga Roundnet mungkin masih awam di telinga masyarakat Indonesia. Sebab itu, PB Persatuan Olahraga Roundnet Seluruh Indonesia (PORSI) mengajak wartawan olahraga untuk mengenal lebih jauh cabang olahraga tersebut agar bisa diperkenalkan ke masyarakat luas.

Melalui kegiatan bertajuk "Roundnet Journalist Coaching Clinic" yang diikuti oleh para jurnalis, PB PORSI berharap para wartawan dapat mengenal lebih jauh dan ikut memasyarakatkan olahraga tersebut. Perlu diketahui, Roundnet merupakan sebuah olahraga net yang pertama kali hadir di Amerika Serikat. 

Baca Juga

Cabang olahraga baru yang berbasis rekreasi ini, menggabungkan unsur-unsur dari beberapa cabang olahraga yang sudah populer, terutama voli pantai. Sejauh ini, ada 38 negara member yang tergabung dalam International Roundnet Federation (IRF) termasuk Indonesia.

Ketua Umum PB PORSI, Genta Fajar mengatakan, olahraga Roundnet ramah dan mudah untjk dimainkan di mana saja dan oleh siapa saja, dimainkan antara dua tim, masing-masing dua pemain. Dalam waktu dekat PB PORSI juga akan kedatangan Juara Dunia Roundnet Pertama yang digelas di Belgia tahun 2022, Buddy Hammon dan Clark Marshall, tepatnya tanggal 4 Mei di Lapangan Softball Senayan, Jakarta. 

Sang juara dunia Roundnet itu akan langsung memberikan Coaching Clinic juga meet and greet bersama komunitas Roundnet Indonesia. Menariknya mereka juga akan melakukan Game Exhibition melawan Timnas Roundnet Indonesia Rudy Nugraha, Fairizzaman dan Yola Yuliana (Pemain Volley Proliga).

Dia menjelaskan, kehadiran Juara Dunia akan menjadi rangkaian kegiatan menuju International Roundnet Festival yang akan digelar di Bali September mendatang. "PB PORSI optimis saat ini animo penggemar roundnet akan terus meningkat di tahun 2023 dengan gencarnya sosialisasi yang akan dilakukan di beberapa aktifitas di waktu mendatang," kata Genta Fajar dalam keterangannya, seperti dikutip pada Rabu (2/5/2023).

Sementara itu Sekretaris Jendral Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia, Balham Wadja memberikan apresiasi dan dukung penuh perkembangan cabang olahraga Roundnet di Indonesia. "Olahraga baru yang didominasi oleh anak-anak muda yang penuh semangat . Beliau sangat mendukung anak-anak untuk ikut bergabung di Olahraga Roundnet yang murah, mudah. Dan bisa disertai dengan ceria, senyum dan ketawa," kata Balham.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement