Jumat 05 May 2023 08:50 WIB

Lima Fakta Menarik Tentang Napoli yang Pastikan Gelar Scudetto Hari Ini

Napoli memastikan gelar scudetto di sisa lima pertandingan terakhir Serie A.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Para fan Napoli merayakan keberhasilan klub meraih gelar scudetto Serie A Liga Italia setelah 33 tahun.
Foto: AP Photo/Gregorio Borgia
Para fan Napoli merayakan keberhasilan klub meraih gelar scudetto Serie A Liga Italia setelah 33 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, NAPLES -- Napoli telah memastikan gelar scudetto Serie A Liga Italia musim 2022/2023 usai bermain imbang 1-1 melawan tuan rumah Udinese, Jumat (5/5/2023) dini hari WIB. Kepastian ini disambut pesta meraih oleh puluhan ribu pendukung Napoli yang menyaksikan pertandingan dari layak lebar di Stadion Maradona.

Napoli begitu dominan di Serie A musim ini. Partenopei hanya kalah tiga kali dan seri lima kali dan 25 kali menang dalam 33 laga. Ada lima fakta menarik tentang keberhasilan Napoli meraih scudetto berdasarkan catatan Opta.

Baca Juga

1.  Gelar scudetto ini adalah yang pertama sejak 33 tahun terakhir bagi Napoli. Sebelumnya hanya AS Roma yang menunggu lama untuk meraih scudetto keduanya, yakni 41 tahun dari tahun 1942 hingga 1983.

2. Ini adalah gelar scudetto ketiga dalam sejarah klub. Sebelumnya, Napoli meraihnya pada 1987 dan 1990.

3. Luciano Spalletti menjadi pelatih tertua yang memenangkan scudetto dalam sejarah Serie A, yakni 64 tahun dan 58 hari.

4. Napoli memastikan gelar scudetto di sisa lima pertandingan terakhir Serie A dan itu dipandang betapa dominannya Napoli.

5. Victor Osimhen telah menyamai rekor George Weah sebagai pencetak gol terbanyak asal Afrika dalam sejarah Serie A. Musim ini ia menjadi top skorer sementara Serie A dengan 22 gol. Total ia sudah mencetak 46 gol untuk Napoli sejak 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement