Sabtu 06 May 2023 08:53 WIB

Sesuai Komitmen, Erick Thohir Pastikan Tiga Naturalisasi Pemain Timnas

Naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struijk akan segera rampung.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Israr Itah
Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengabarkan naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struijk akan segera rampung.
Foto: Republika/Anggoro Pramudya
Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengabarkan naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struijk akan segera rampung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengabarkan naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struijk akan segera rampung. Keduanya akan menyusul Shayne Pattynama yang sudah lebih dahulu rampung proses naturalisasinya. Ketiga pemain naturalisasi itu pun siap memperkuat skuad timnas Indonesia pada ajang internasional. 

"Proses naturalisasi sesuai komitmen kita satu demi satu terselesaikan. Kemarin kita lakukan pada Shayne Pattynama yaitu yang posisinya bek kiri sudah. Saya ingin memastikan untuk Ivar Janner yang posisinya bisa di tengah dan Rafael yang posisinya di penyerang kiri itu juga. Alhamdulillah tadi sudah ditandatangani oleh Bapak Presiden jadi tinggal mengangkat sumpah dan paspor nanti," ujar Erick, Sabtu (6/5/2023).

Baca Juga

Komposisi pemain naturalisasi itu akan memperkuat tim asuhan Shin Tae Yong yang akan tampil pada sejumlah kejuaraan bergengsi. Menurut Erick, akan ada ajang FIFA match day, Asian Games, kualifikasi Piala Dunia 2026, dan Piala AFC yang akan menjadi ajang pembuktian timnas. Semua pemain terbaik, kata Erick, terbuka untuk memperkuat timnas. Ini termasuk ketiga pemain naturalisasi tersebut.

"Semua terbuka. Sesuai diskusi saya dan coach Shin Tae Yong waktu itu bahwa nanti ada FIFA Match Day di bulan Juni. Kemudian di bulan Oktober dan November itu ada kualifikasi Piala Dunia 2026," kata Erick.

Pria yang juga Menteri BUMN itu memastikan komitmen PSSI untuk membentuk timnas yang tangguh dengan komposisi pemain muda terbaik. "Salah satu diskusi saya dengan coach Shin Tae Yong adalah kita mulai akan membentuk tim jangka panjang yaitu usia usia muda dan juga pemain yang bisa memperkuat timnas. Siapa pun yang terbaik sesuai kualifikasi kita akan coba dorong agar kita punya timnas yang konsisten," kata Erick menegaskan.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement