Selasa 09 May 2023 06:35 WIB

Gerakan Passeddingeng Masyarakat Bone Halalbihalal Relawan dan Penyuluhan Pertanian

Masyarakat di daerah tersebut mayoritas bermata pencaharian pada pertanian.

Kelompok masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Passeddingeng menggelar penyuluhan pertanian dan pemberian bibit jagung, serta halalbihalal bersama  Masyarakat Bone di Dusun Calinrung, Desa Sijelling, Kec. Tellusiattinge, Kab. Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), akhir pekan kemarin.
Foto: Dok. Web
Kelompok masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Passeddingeng menggelar penyuluhan pertanian dan pemberian bibit jagung, serta halalbihalal bersama Masyarakat Bone di Dusun Calinrung, Desa Sijelling, Kec. Tellusiattinge, Kab. Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), akhir pekan kemarin.

REPUBLIKA.CO.ID, BONE -- Kelompok masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Passeddingeng menggelar penyuluhan pertanian dan pemberian bibit jagung, serta halalbihalal bersama  Masyarakat Bone di Dusun Calinrung, Desa Sijelling, Kec. Tellusiattinge, Kab. Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), akhir pekan kemarin. 

Koordinator relawan Ganar Pranowo yang berasal dari Masyarakat Bone ini, Ruslandi mengatakan, kegiatan itu untuk membantu masyarakat di daerah tersebut agar bisa bertani lebih produktif dan memperoleh hasil panen yang lebih baik. 

Baca Juga

"Harapannya agar tanaman yang ditanam oleh masyarakat ini hasilnya bisa lebih baik," kata Ruslandi usai kegiatan yang dihadiri ratusan orang itu, seperti dilansir pada Senin (8/5/2023). 

Ruslandi menjelaskan, penyuluhan pertanian itu dibutuhkan karena masyarakat di daerah tersebut mayoritas bermata pencaharian pada pertanian. 

Dalam kegiatan tersebut, relawan menghadirkan narasumber profesional yang berbicara tentang konsep dan teknis pertanian yang lebih efektif, seperti penggunaan pupuk organik, teknik pengairan yang baik, dan cara mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman. 

Selain itu, mereka juga memberikan bibit jagung secara gratis kepada masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut. Bibit jagung yang disediakan adalah bibit berkualitas baik dan cocok dengan kondisi iklim dan tanah di Bone. 

"Kami juga memberikan bibit kepada petani," ucap Ruslandi. 

Bibit diberikan secara simbolis oleh Ruslandi kepada perwakilan kelompok tani di wilayah tersebut. Kegiatan penyuluhan pertanian dan pemberian bibit jagung ini diapresiasi oleh masyarakat setempat. Mereka berharap kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara berkala agar semakin banyak masyarakat yang terbantu dalam meningkatkan produktivitas pertanian di daerah tersebut.

"Acara ini menurut kami sangat bagus. Bagus diajarkan bagaimana caranya bertani yang baik, tanam jagung khususnya," kata seorang warga bernama M. Arsyad. 

Arsyad juga menyatakan dukungannya agar Ganjar Pranowo menjadi Presiden Indonesia 2024.  "Mudah-mudahan Pak Ganjar menang dalam pemilihan presiden di tahun 2024, Insyaallah," kata dia. 

Sebelumnya, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri telah mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai bacapres 2024 di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat. Ganjar Pranowo mengaku mendapat kehormatan ditugaskan sebagai bacapres PDIP.

"Tentu ini adalah suatu keputusan yang diambil ketua umum melalui proses yang sangat panjang. Sebuah kehormatan buat saya mendapatkan tugas ini sebagai kader partai, di sampaing tentu tugas ini tidak mudah," kata Ganjar di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023), demikian dilansir dari Antara

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement