Selasa 09 May 2023 18:11 WIB

Lawan Tuan Rumah, Timnas U-22 Cari Kesempurnaan di Laga Pamungkas Grup A SEA Games 2023

Indonesia punya kemenangan sempurna dari 3 laga sebelumnya dengan tetap clean sheet.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri mengawasi latihan timnya di The Dream Visakha Training Camp, Phnom Penh, Kamboja, untuk persiapan laga Grup A SEA Games 2023 Kamboja.
Foto: Dok PSSI
Pelatih timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri mengawasi latihan timnya di The Dream Visakha Training Camp, Phnom Penh, Kamboja, untuk persiapan laga Grup A SEA Games 2023 Kamboja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas sepak bola Indonesia U-22 akan melakoni laga pamungkas Grup A SEA Games 2023 menghadapi tim tuan rumah, Kamboja, pada Rabu (10/5/2023) malam WIB. Skuad Garuda Nusantara telah memastikan tempat di semifinal, tetapi kemenangan sempurna akan menambah kepercayaan diri Rizky Ridho dkk.

Tim asuhan Indra Sjafri mempunyai modal yang sangat bagus menjelang pertandingan ini. Rizky Ridho dkk mempunyai kemenangan sempurna dari tiga laga sebelumnya dengan mempertahankan clean sheet. Rincian kemenangan tersebut yakni unggul dengan skor 3-0 atas Filipina, 5-0 atas Myanmar, dan 3-0 atas Timor Leste.

Baca Juga

Hasil tersebut membawa tim Merah Putih duduk posisi teratas klasemen sementara Grup A dengan menorehkan sembilan poin dari tiga pertandingan. Sementara, Kamboja hanya berada di peringkat ketiga dengan torehan empat poin dari satu kemenangan, satu kali imbang, dan satu kali kalah. Kemenangan pun belum tentu membawa Kamboja ke semifinal karena tergantung pada hasil Myanmar melawan Filipina.

Pelatih timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri meminta skuad asuhannya untuk tetap rendah hati. Menurutnya, kesuksesan hanya bisa dicapai dari satu pertandingan ke pertandingan lain. Ia mengapresiasi soliditas pertahanan Rizky Ridho dkk. Indra berharap catatan positif tanpa kebobolan itu bisa dipertahankan hingga ke partai final.

"Khusus pemain defending, kita satu-satunya negara yang belum kebobolan, saya apresiasi seluruh pemain. Kami berharap dengan lawan lebih meningkat nanti di semifinal atau final, kita tetap cleansheet," kata Indra Sjafri. "Juara itu harus dicapai secara bertahap kami menyusun perioderisasi dalam tiga tahapan, yakni grup, kita lalui dengan sukses, selanjutnya tinggal semifinal dan final, secara bertahap perioderisasinya harus pas."

Namun di sisi lain, Indra kemungkinan akan merotasi pemain pada laga keempat nanti. Pasalnya, Indonesia sudah memastikan tempat di semifinal. Menurutnya, penting bagi Indonesia untuk mempersiapkan diri untuk partai semifinal nanti. "Kalau untuk pertandingan keempat rombak semua tim sudah pasti. Dan kami berharap ada istirahat selama satu pekan sebelum semifinal," kata dia menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement