Rabu 10 May 2023 10:43 WIB

Pakai Hijab, Penggawa Bola Voli Wilda Siti Nurfadilah Mendapat Sorotan Dunia

Pebasket Brasil juara dunia Bruno Rezende memuji kisah Wilda yang memakai hijab.

Penggawa timnas bola voli Wilda Siti Nurfadilah.
Foto: Dok Volleyball World
Penggawa timnas bola voli Wilda Siti Nurfadilah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Permainan penggawa timnas bola voli putri Indonesia, Wilda Siti Nurfadilah, mendapatkan sorotan dunia. Membela timnas bertanding di SEA Games 2023 di Kamboja, penampilan Wilda yang mengenakan hijab membuatnya mendapatkan apresiasi pebola voli timnas Brasil, Bruno Rezende.

Bahkan, profil Wilda sampai diulas akun Instagram Volleyball World. Hal itu karena ia dianggap sebagai perintis pebola voli perempuan yang mengenakan hijab di lapangan.

"Di SEA Games karena dia termasuk atlet bola voli wanita pertama yang mengenakan jilbab saat bertanding," demikian keterangan akun Instagram yang mengulas bola voli terbesar di dunia dikutip Republika.co.id di Jakarta, Rabu (10/5/2023).

Akun Volleyball World ikut mendoakan Wilda dan kesuksesan timnas voli Indonesia putri di ajang SEA Games 2023. "Kamu luar biasa Wilda. Yang terbaik untukmu dengan Indonesia di SEA Games 2023 dan ceritamu yang menginspirasi selamanya hidup," demikian dukungan akun tersebut kepada Wilda.

Sontak saja, unggahan konten tersebut mendapatkan reaksi dari Bruno Rezende. Setter timnas voli Brasil yang berstatus juara dunia tersebut mengapresiasi pencapaian Wilda yang sudah meraih juara Proliga Putri dengan tiga klub berbeda serta PON saat membela Jawa Barat.

"Luar biasa," kata pemilik akun @bruninho1. Wilda pun merasa senang dengan pujian yang diberikan atlet kelas dunia tersebut. "@bruninho1 aaaa terima kasih," ujar Wilda membalas.

Adapun Wilda menceritakan perjuangannya menjadi pebola voli di Indonesia dengan memakai hijab. Menurut dia, awalnya tidak selalu mudah mengenakan hijab di lapangan voli. Wilda mengaku, mengalami beberapa tanggapan negatif pada awalnya bermain voli. Tetapi, ia bertekad untuk memakainya karena hal itu adalah bagian penting dari identitas.

"Dan apa yang saya rasa paling nyaman bermain bola boli. Orang-orang sudah terbiasa sekarang sehingga saya tidak benar-benar mengalaminya. Benci, hanya cinta dari penggemar kami yang luar biasa! Setiap kali saya melakukan sesuatu, saya akan memberikan segalanya dan melakukan yang terbaik," ujar Wilda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement