Kamis 11 May 2023 11:46 WIB

Ana/Tiwi Juga Gagal Sumbang Poin, Indonesia di Ujung Tanduk

Indonesia tertinggal 0-2 dari Thailand di final bulu tangkis beregu putri.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
ganda putri Indonesia Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahya Pratiwi
Foto: Dok Humas PBSI
ganda putri Indonesia Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahya Pratiwi

REPUBLIKA.CO.ID, PHNOM PENH -- Ganda putri Indonesia, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, harus mengakui keunggulan ganda putri Thailand, Rawinda Prajongjai/Jongkolphan Kititharakul, 11-21, 15-21,  Kamis (11/5/2023) pagi WIB. Hasil di laga kedua tersebut membuat Indonesia tertinggal, 0-2, di partai final bulu tangkis beregu putri SEA Games 2023 Kamboja,

Ganda putra pertama Thailand di partai ini tidak mau membuang waktu dalam laga di Morodok Techno Badminton Hall tersebut. Pada awal gim pertama, Rawinda/Jongkolphan langsung tampil menekan Ana/Tiwi, panggilan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi. Hasilnya, peringkat kesembilan ganda putri dunia itu sempat mencatatkan keunggulan, 8-3. 

Baca Juga

Ganda putri Indonesia terus berusaha untuk keluar dari tekanan dan mengembangkan pola permainan. Namun, Rawinda/Jongkolphan masih mampu tampil dominan dan menutup interval gim pertama, 11-5. Keunggulan ini bisa terus dijaga ganda putri Thailand. Peraih medali emas nomor beregu putri SEA Games 2021 Vietnam itu mengakhiri gim pertama dengan keunggulan, 21-11.

Dengan strageti serupa, Rawinda/Jongkolphan mencoba mengambil kendali gim kedua. Berbagai upaya Ana/Tiwi untuk bisa kerap menemui kegagalan. Peringkat 14 dunia itu kerap kewalahan dalam meladeni kecepatan tempo permainan dan serangan Rawinda/Jongkolphan. 

Tidak jarang, Ana/Tiwi melakukan kesalahan sendiri yang berujung poin kepada pasangan lawan.  Selain apik dalam melancarkan serangan, Rawinda/Jongkolphan juga mampu begitu solid dalam meredam serangan Ana/Tiwi. Rawinda/Jongkolphan akhirnya menutup interval gim kedua dengan keunggulan, 11-7.

Pasca interval gim kedua, Ana/Tiwi sempat mampu bangkit dengan rentetan empat poin secara beruntun. Namun, laju raihan poin itu mampu dihentikan Rawinda/Jongkolphan. Agresivitas serangan ganda putri Thailand terlihat begitu sulit untuk bisa ditahan oleh Ana/Tiwi.

Akhirnya, kegagalan Ana/Tiwi mengembalikan shuttlecock membawa Rawinda/Jongkolphan menutup set kedua dengan kemenangan, 21-15. Kemenangan di partai kedua ini membawa Thailand unggul, 2-0, atas Indonesia di partai final bulu tangkis nomor beregu putri SEA Games 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement