Kamis 11 May 2023 13:02 WIB

Kalah dari Thailand, Indonesia Harus Puas Perak Bulu Tangkis Beregu Putri

Indonesia kalah 0-3 dari Thailand di final.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Ester Nurumi Tri Wardoyo
Foto: DOK PBSI
Ester Nurumi Tri Wardoyo

REPUBLIKA.CO.ID, PHNOM PENH -- Indonesia harus puas dengan raihan medali perak di cabor bulu tangkis nomor beregu putri SEA Games 2023 Kamboja. Tim beregu putri Indonesia mesti mengakui keunggulan Thailand, 3-0, dalam duel yang dihelat di Morodok Techno Badminton Hall, Kamboja, Kamis (11/5/2023) pagi WIB.

Kepastian ini didapat seusai tunggal putri kedua, Ester Nurumi Tri Wardoyo, ditundukkan tunggal putri kedua Thailand, Supanida Katethong, 11-21, 12-21, di laga ketiga babak final bulu tangkis nomor beregu putri. 

Kendati terpaut 36 peringkat di rangking tunggal putri dunia, Ester terbukti mampu mengimbang permainan Supanida. Kejar-mengejar angka pun terjadi pada sepanjang interval pertama gim pertama. Kedua atlet pun sempat mencatatkan skor imbang, 8-8. Namun, Supanida berhasil meraih tiga poin beruntun, termasuk saat pengembalian shuttle cock Ester gagal melewati net. Supanida menutup interval pertama, 11-8.

Memasuki paruh kedua gim pertama, performa Ester justru mengalami penurunan. Pebulu tangkis berusia 18 tahun itu terlihat kehilangan ritme permainan apik, yang sempat ditunjukan pada interval pertama. Imbasnya, Supanida berhasil memetik sembilan poin beruntun. Peringkat ke-24 tunggal putri dunia itu melaju dengan keunggulan, 19-10.

Aksi netting yang gagal dikembalikan Ester membawa Supanida meraih game poin. Gim pertama menjadi milik Supanida dengan skor, 21-11, setelah Ester tidak mampu mengembalikan shuttle cock yang diarahkan di depan net.

Laju poin Ester tersendat pada awal gim kedua. Di sisi lain, Supanida tidak mau melewat kesempatan untuk bisa memanfaatkan momentum kemenangan di gim pertama. Tunggal kedua Thailand di partai final ini sempat mencatatkan keunggulan, 8-5. Kendati begitu, Ester secara perlahan mampu bangkit hingga mampu menyamakan kedudukan.

Ester mulai terlihat tenang dalam meladeni permainan Supanida dan memetik tiga poin secara beruntun. Kejar-kejaran poin pun sempat kembali terjadi. Dua atlet sempat mencatatkan hasil imbang. Interval pertama gim kedua menjadi milik Supanida, 11-10. 

Hakim garis memutuskan shuttle cock hasil pukulan Supanida masih mendarat di area lapangan dan berbuah poin buat Supanida. Meski Ester sempat memprotes keputusan tersebut, wasit pertandingan bergeming dan tetap memberikan poin buat Supanida.

Seperti halnya di gim pertama, Ester mengawali interval kedua gim kedua dengan begitu buruk. Pebulu tangkis berusia 18 tahun itu hingga kehilangan delapan poin secara beruntun. Ujungnya, sebuah smes menyilang dari Supanida gagal dikembalikan Ester. Supanida pun unggul, 19-11. Poin berikutnya menjadi milik pebulu tangkis berusia 25 tahun tersebut.

Supanida akhirnya menyudahi perlawanan Ester dengan sebuah smes keras, yang mengarah ke tubuh Ester. Supanida menutup gim kedua dengan kemenangan, 21-12. Kemenangan ini sekaligus memastikan kemenangan Thailand atas Indonesia, 3-0, di partai final bulu tangkis beregu putri SEA Games 2023 Kamboja. 

Thailand pun memperpanjang dominasi raihan medali emas di nomor ini. Thailand tercatat tidak pernah absen meraih medali emas di nomor ini sejak 2011 silam. Sementara buat Indonesia, ini menjadi kegagalan ketiga meraih medali emas di bulutangkis nomor beregu putri secara beruntun di SEA Games. Tidak hanya itu, Indonesia juga memperpanjang puasa torehan medali emas di nomor ini di arena SEA Games, yang terentang sejak 2007 silam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement