Jumat 12 May 2023 05:50 WIB

Imbangi Thailand 1-1 di Grup B, Vietnam Tetap Runner-up dan Bersiap Vs Indonesia U-22

Thailand dan Vietnam sama-sama berusaha menghindari vs Indonesia di semifinal.

Pelatih timnas Vietnam U-22, Philippe Troussier.
Foto: EPA PHOTO/EPA/JALALUDIN HAMEED
Pelatih timnas Vietnam U-22, Philippe Troussier.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional (timnas) sepak bola Thailand U-22 tetap memuncaki Grup B SEA Games Kamboja 2023, meski ditahan imbang oleh timnas Vietnam U-22, 1-1, di Stadion Prince, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (11/5/2023) malam WIB.

Meski dipastikan telah lolos ke babak semifinal, baik Thailand maupun Vietnam tampil menyerang guna menyegel puncak klasemen Grup B dan tidak bertemu dengan pemuncak klasemen Grup A, Indonesia.

Baca Juga

Hasilnya terbukti pada menit kedua, ketika pemain Thailand Achitpol Keererom menjebol gawang Vietnam. Penyerang akademi klub Jerman Augusburg itu memanfaatkan serangan balik cepat dari umpan tarik yang gagal diantisipasi dengan baik oleh lini belakang Vietnam Duy Cuong Luong. Achitpol yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Vietnam Van Chuan Quan melepaskan sepakan keras ke pojok kiri gawang dan mengubah skor 1-0.

Selepas tertinggal, Vietnam langsung menguasai permainan dengan menerapkan umpan satu-dua cepat. Namun Thailand menerapkan skema lini pertahanan rendah di area gawang sehingga pemain Vietnam kesulitan melepaskan tembakan ke arah gawang.

Pada babak kedua, Vietnam langsung berinisiatif menyerang dengan memainkan skema umpan-umpan panjang ke depan memanfaatkan kedua lini sayap yang cepat.

Justru melalui sepakan bola mati Vietnam dapat membuat kesulitan Thailand. Hasilnya tercipta pada menit ke-53 ketika pertahanan Thirawooth gagal mengantisipasi tendangan bebas hingga memberikan ruang bebas kepada Le Quoc Nhat Nam yang memanfaatkan bola liar dan dengan mudah melepaskan sepakan kaki kiri tanpa penjagaan skor imbang 1-1.

Laga berjalan dengan tensi cukup tinggi sehingga dari kedua tim banyak membuat pelanggaran-pelanggaran keras yang berbuah kartu kuning. Skor imbang 1-1 bertahan hingga akhir laga.

Dengan hasil ini, Thailand dipastikan menjadi juara Grup B setelah mengumpulkan sepuluh poin dari hasil tiga kali menang dan satu kali imbang, unggul produktivitas gol dari Vietnam yang sama-sama mengumpulkan sepuluh poin. Thailand di semifinal bakal ditantang oleh runner-up Grup A Myanmar yang sudah memastikan lolos terlebih dahulu.

Sementara, Vietnam bakal menjamu juara Grup A Indonesia yang berhasil menyapu bersih kemenangan di Grup A. Laga tim asuhan Philippe Troussier vs Indonesia akan berlangsung pada Sabtu (13/5/2023).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement