Jumat 12 May 2023 06:09 WIB

AS Roma Catat Kemenangan Tipis Atas Bayer Leverkusen di Liga Europa

Pemain muda Edoardo Bove mencetak gol kemenangan tipis 1-0 AS Roma atas Leverkusen.

Pemain muda AS Roma Edoardo Bove (kiri) berselebrasi merayakan golnya ke gawang Bayer Leverkusen pada leg pertama semifinal Liga Europa.
Foto: EPA-EFE/ETTORE FERRARI
Pemain muda AS Roma Edoardo Bove (kiri) berselebrasi merayakan golnya ke gawang Bayer Leverkusen pada leg pertama semifinal Liga Europa.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- AS Roma meraih kemenangan kandang 1-0 atas Bayer Leverkusen pada leg pertama semifinal Liga Europa, Jumat (12/5/2023) dini hari WIB, berkat gol pemain berusia 20 tahun, Edoardo Bove, di babak kedua. Bove mencetak gol kemenangan dengan memanfaatkan bola muntah pada menit ke-63 untuk mencetak gol pertamanya di Eropa.

Roma, yang berusaha untuk memenangkan gelar Eropa secara beruntun di bawah asuhan pelatih Jose Mourinho menyusul kemenangan di Europa Conference League musim lalu, akan bertandang ke Leverkusen pekan depan untuk menjalani leg kedua. Pemenang akan menghadapi Juventus atau Sevilla di final. Kedua tim bermain imbang 1-1 pada leg pertama semifinal.

Baca Juga

"Saya sangat senang dengan hasil ini," ujar Bove, dikutip Reuters. "Sangat penting untuk memenangi leg pertama ini dan pergi ke sana pada Kamis (Jumat WIB pekan depan) dengan keinginan yang sama.

"Hari ini kami menaruh intensitas yang tinggi dalam permainan kami dan kami senang. Pada awalnya mereka menyulitkan kami dan kami membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri, tetapi kemudian kami mengendalikan permainan dengan sangat baik."

Semuanya dimulai sesuai rencana untuk Leverkusen asuhan Xabi Alonso, yang belum pernah mencapai final Eropa sejak penampilan mereka pada 2002 di ajang Liga Champions.

Dalam sebuah awal yang bersemangat, mereka nyaris mencetak dua gol. Tendangan Robert Andrich yang berhasil diselamatkan pada menit ke-40 dan Florian Wirtz menyia-nyiakan sebuah kesempatan emas saat tendangannya melebar.

Tuan rumah kehilangan beberapa pemain karena cedera. Paulo Dybala dan Georginio Wijnaldum yang belum sepenuhnya fit dan berada di bangku cadangan. Walau demikian, Roma bisa merespons melalui sundulan keras Roger Ibanez yang ditepis oleh Hradecky melalui sebuah penyelamatan refleks yang luar biasa.

I Lupi memecah kebuntuan setelah satu jam pertandingan berjalan ketika Bove memulai sebuah pergerakan dan menyambut bola rebound setelah Hradecky berhasil menyelamatkan tendangan Tammy Abraham. 

Tim tamu hampir mencetak gol penyeimbang yang tak terduga pada akhir babak kedua yang berlangsung sengit. Namun tendangan Jeremie Frimpong pada menit ke-87 masih bisa diblok di garis gawang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement