Jumat 12 May 2023 09:46 WIB

Bielsa akan Latih Uruguay Hingga Piala Dunia 2026

Marcelo Bielsa menganggur setelah dipecat ioleh Leeds United.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Marcelo Bielsa akan menjadi pelatih timnas Uruguay
Foto: AP/Ian Walton
Marcelo Bielsa akan menjadi pelatih timnas Uruguay

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Marcelo Bielsa telah setuju untuk menjadi pelatih tim nasional Uruguay, seorang eksekutif asosiasi sepak bola negara itu mengatakan pada Kamis (11/5/2023). Jorge Casales, anggota komite eksekutif asosiasi sepak bola Uruguay, mengatakan kepada Associated Press bahwa mantan manajer Leeds itu akan menandatangani kontrak hingga Piala Dunia 2026.

"Satu-satunya hal yang kurang adalah tanda tangan," kata Casales tentang kesepakatan selama 39 bulan itu.

Baca Juga

Bielsa (67 tahun) diperkirakan akan tiba di Montevideo dalam beberapa hari ke depan. Pertandingan pertama Bielsa sebagai pelatih kemungkinan besar akan berlangsung pada Juni, ketika Uruguay dijadwalkan untuk memainkan pertandingan persahabatan melawan Nikaragua dan Kuba. Kualifikasi Piala Dunia Amerika Selatan akan dimulai pada September.

"Kami membawa seseorang yang kami tahu akan meninggalkan warisan yang lebih dari 90 menit dalam sebuah pertandingan," ujar Casales.

Uruguay tersingkir di babak penyisihan grup Piala Dunia di Qatar. Bielsa melatih Argentina dari tahun 1998 hingga 2004. Dia melihat timnya tersingkir di babak penyisihan grup Piala Dunia 2002 dan kemudian memenangi medali emas di Olimpiade Athena 2004. Dia meninggalkan pekerjaannya karena alasan pribadi.

Bielsa juga pernah melatih Cile antara tahun 2007 dan 2011. Kemudian pernah melatih di Espanyol, Athletic Bilbao, Marseille, dan Lille. Dia telah menganggur sejak Februari 2022 ketika dia dipecat oleh Leeds. Negosiasi dengan Bielsa berlangsung selama tiga bulan, kata Casales. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement