Jumat 12 May 2023 10:34 WIB

Peringkat FIFA Rendah, Indonesia Masih Punya Peluang Besar Lewati Jepang-Irak-Vietnam

Indonesia kini ada di peringkat 149, Irak 70, dan Vietnam 95.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ketua Umum PSSI Erick Thohir berbincang dengan pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong.  Tim nasional Indonesia tergabung dalam Grup D bersama tiga tim unggulan pada gelaran Piala Asia 2023, yang berlangsung di Qatar awal tahun depan.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Ketua Umum PSSI Erick Thohir berbincang dengan pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong. Tim nasional Indonesia tergabung dalam Grup D bersama tiga tim unggulan pada gelaran Piala Asia 2023, yang berlangsung di Qatar awal tahun depan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional Indonesia tergabung dalam Grup D bersama tiga tim unggulan pada gelaran Piala Asia 2023, yang berlangsung di Qatar awal tahun depan.

Drawing Piala Asia 2023 berlangsung di Katara Operas House, Doha, Qatar, Kamis (11/5/2023). Turut hadir Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan pelatih Shin Tae-yong.

Baca Juga

Skuad Garuda nantinya akan bersaing dengan tiga tim unggulan, yakni timnas Jepang, Irak, dan negara sesama Asia Tenggara, yaitu Vietnam.

Adapun ini menjadi keikutsertaan Indonesia kelima di Piala Asia karena absen sejak tahun 2007 silam.

Berbicara tentang gelaran turnamen sepak bola terbesar di Asia, Indonesia belum berhasil menorehkan prestasi mentereng. Pada empat kali partisipan mereka selalu berakhir di fase grup.

Melihat calon lawan yang bakal mereka hadapi Indonesia di atas kertas jelas bukanlah tim yang difavoritkan lolos ke putaran 16 besar. Apalagi, merujuk pada rangking FIFA.

Menukil laman resmi FIFA, Indonesia menjadi kontestan Grup D dengan rangking yang paling buncit, yakni peringkat ke-149. Negara tetangga Vietnam berhasil menembus posisi 100 besar dengan nangkring di urutan ke-97.

Untuk Irak mereka menduduki kursi ke-70 serta Tim Samurai Biru, Jepang menempati posisi ke-24 pada papan rangking FIFA.

Meski demikian, kans Indonesia untuk terbang ke babak 16 besar masih bisa terbuka lebar. Selain, Vietnam yang sudah tidak lagi dilatih oleh Park Hang-seo. Negara yang finis di peringkat tiga besar, masih dapat menembus ke fase knock-out.

Piala Asia 2023 terdiri atas 24 negara dalam enam grup dengan kejuaraan tersebut bakal dimainkan pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024 mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement