Sabtu 13 May 2023 12:43 WIB

Kapten Espanyol Berambisi Jegal Barcelona Raih Gelar La Liga Pekan Ini

Saat ini Barcelona unggul 13 poin dari Real Madrid di klasemen La Liga.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Andri Saubani
Pemain  Barcelona Franck Kessie (tengah) melakukan selebrasi dengan rekan setimnya setelah mencetak gol dalam sebuah laga La Liga. Pekan ini, Barcelona bisa meraih gelar La Liga jika bisa mengalahkan tuan rumah Espanyol. (ilustrasi)
Foto: AP Photo/Joan Mateu
Pemain Barcelona Franck Kessie (tengah) melakukan selebrasi dengan rekan setimnya setelah mencetak gol dalam sebuah laga La Liga. Pekan ini, Barcelona bisa meraih gelar La Liga jika bisa mengalahkan tuan rumah Espanyol. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Barcelona hanya membutuhkan satu kemenangan sisa musim ini untuk bisa memastikan raihan titel La Liga. Kesempatan itu datang saat Blaugrana melakoni laga Derbi Barceloni, kontra Espanyol, pada jornada ke-34 La Liga, Senin (15/5/2023) dini hari WIB.

Memimpin klasemen sementara La Liga dengan torehan 82 poin dari 33 laga, Blaugrana sudah mengantongi keunggulan 13 poin seteru abadi sekaligus juara bertahan La Liga, Real Madrid. Dengan La Liga tinggal menyisakan lima partai, Blaugrana pun hanya membutuhkan tambahan satu poin untuk bisa memastikan titel La Liga.

Baca Juga

Tambahan tiga poin tersebut akan membuat raihan poin Blaugrana tidak akan bisa dikejar Los Blancos di sisa La Liga musim ini. Pada jornada ke-34 La Liga, Barcelona akan bertandang ke markas Espanyol, Stadion RCDE. Laga ini sekaligus menjadi duel dua klub asal Barcelona atau kerap disebut Derby Barceloni.

Kendati Blaugrana diunggulkan untuk bisa membawa pulang tiga poin di laga ini, kapten Espanyol, Sergi Darder, menegaskan, Blaugrana tidak akan melakoni lawatan ke markas Espanyol dengan mudah. Bahkan, Darder menyebut, laga ini jauh lebih penting dari partai final kompetisi manapun.

''Jika setiap pertandingan adalan final, maka ini memiliki tingkat yang berlipat. Saya ingin, kami keluar ke lapangan dan siap untuk memberikan segalanya. Laga ini bukanlah pesta buat mereka,'' ujar Darder seperti dikutip Diario AS, Sabtu (13/5/2023).

Gelandang berusia 29 tahun itu pun mengungkapkan, tidak hanya Barcelona, yang memiliki movitasi tinggi untuk bisa merengkuh titel La Liga, Espanyol juga punya motivasi tinggi di laga ini. Selain berstatus sebagai dual antara dua klub asal Barcelona, laga ini juga berpotensi menentukan nasib Espanyol di pentas La Liga.

Berada di peringkat ke-19 dengan koleksi 31 poin, Espanyol bertekad untuk bisa memetik kemenangan di lima laga sisa guna memperbesar peluang bertahan di La Liga. Kegagalan memetik poin di laga ini justru membuat Espanyol kian terancam terdegradasi ke Segunda Division pada akhir musim.

Periquitos, julukan Espanyol, hanya terpaut tiga poin dari Valencia, yang duduk di peringkat ke-17 atau posisi aman klasemen La Liga. ''Kami membutuhkan tiga poin. Ini bukan hanya soal mencegah Barcelona meraih titel La Liga, tapi juga menyelematkan diri kami sendiri. Selain itu, kami juga tidak suka, mereka menggelar pesta di depan mata kami,'' ujar Darder.

Di dua laga Derby Barceloni terakhir di pentas La Liga, Espanyol terbukti mampu menyulitkan Blaugrana. Espanyol mampu menahan imbang Blaugrana di dua laga tersebut, termasuk saat memetik hasil imbang, 1-1, pada paruh pertama La Liga musim ini.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement