Rabu 17 May 2023 05:29 WIB

Momen Adu Jotos Laga Final Indonesia Vs Thailand Viral di Media Sosial

Lewat rekaman kamera, awal mula keributan itu muncul dari timnas Thailand.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Endro Yuwanto
Pesepak bola timnas Indonesia U-22 berselebrasi bersama suporter usai menundukkan Thailand pada pertandingan final SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). Indonesia berhasil meraih medali emas usai mengalahkan Thailand 5-2.
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Pesepak bola timnas Indonesia U-22 berselebrasi bersama suporter usai menundukkan Thailand pada pertandingan final SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). Indonesia berhasil meraih medali emas usai mengalahkan Thailand 5-2.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional (timnas) Indonesia U-22 akhirnya berhasil meraih emas dalam laga final sepak bola SEA Games 2023 di Stadion National Olympic, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). Namun, menjelang usai pertandingan, terjadi insiden adu jotos di pinggir lapangan dan menjadi ramai diperbincangkan di media sosial (medsos).

Momen itu terekam di saluran televisi Indonesia yang menyiarkan secara langsung pertandingan tersebut. Seperti diberitakan oleh akun Twitter @idextratime, awal mula keributan muncul dari timnas Thailand.

Baca Juga

"Awal mula keributan, provokasi dari ofisial Thailand ke bench Timnas Indonesia," kata akun tersebut seperti dikutip Republika.co.id di Jakarta pada Selasa (16/5/2023).

Akun tersebut menyertakan video ketika ofisial Thailand mulai memukul salah satu staf timnas Indonesia di depan bench Indonesia setelah selebrasi. Dari situ kemudian, salah satu pemain Indonesia membalas pukulan tersebut.

Setelah selebrasi lebih lanjut, keributan berlanjut di pinggir lapangan yang sempat tersorot oleh kamera utama pertandingan tersebut. Adegan kacau balau antara pihak Thailand dan Indonesia terlihat memenuhi pinggir lapangan dan hampir ke tengah lapangan.

Petugas keamanan juga terlihat melerai adu jotos tersebut. Dalam video tersebut awalnya, ofisial timnas Thailand terlihat memukul manajer timnas Indonesia, Sumardji.

Aksi timnas Thailand pun dikecam warganet Indonesia, meski belum mengetahui duduk perkara akibat keributan tersebut. "Infokan sosmednya gaes mari kita tunjukkan kekuatan netijen +62," kata akun Twitter @kegblkhn******.

"Awal mula terjadinya rusuh Thailand yang provokasi pertama kali ke bench Indonesia. Tapi kok dibales dengan cara yang sama kok Thailand emosi. THAILAND MEMALUKAN," kata akun lain di Twitter @BolaBil*****.

"Pertandingan bola tapi kayak tawuran," kata komentar akun Twitter lainnya. "Team Thailand ikut MMA aja sono brutal amad dikira tawuran pelajar kali," sambung komentar lainnya.

Kendati demikian, Indonesia mengakhiri puasa raihan medali emas di pentas cabang olahraga sepak bola putra SEA Games, yang telah terentang selama 32 tahun. Timnas Indonesia U-22 sukses menundukkan Thailand U-22, 5-2, di partai final SEA Games 2023, Selasa (16/5/2023) malam WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement