Rabu 17 May 2023 10:19 WIB

Bawa Pulang Emas SEA Games, akan Ada Parade untuk Timnas U-22

Parade kemenangan timnas U-22 direncanakan berlangsung Jumat (19/5/2023).

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Israr Itah
Pesepak bola Timnas Indonesia U-22 menyanyikan lagu Indonesia Raya usai meraih medali emas SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). Indonesia berhasil meraih medali emas usai mengalahkan Thailand 5-2
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Pesepak bola Timnas Indonesia U-22 menyanyikan lagu Indonesia Raya usai meraih medali emas SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). Indonesia berhasil meraih medali emas usai mengalahkan Thailand 5-2

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional Indonesia U-22 berhasil mencatatkan sejarah dengan kembali membawa pulang medali emas pada ajang SEA Games 2023 di Kamboja. Anak asuh Indra Sjafri tampil begitu militan saat membungkam Thailand di babak final dengan skor akhir 5-2 pada Selasa (16/5/2023) malam.

Kemenangan ini begitu dinanti masyarakat Indonesia. Tak sekadar menang, Marselino dan kawan-kawan memperlihatkan mental yang kuat meski sempat dikejutkan dengan gol penyama kedudukan oleh Thailand pada detik-detik terakhir di babak normal.

Baca Juga

Kemenangan dramatis disambut riuh masyarakat di seluruh penjuru Tanah Air. Kini, masyarakat pun menantikan kepulangan dan ingin menyambut para pahlawan sepak bola Indonesia.

Berdasarkan informasi yang didapatkan Republika.co.id pada saat timnas U-22 makan malam di hotel setelah kemenangan melawan Thailand, rencananya akan ada parade untuk para pemain timnas U-22. Rencananya, akan digelar pada Jumat (19/5/2023) pagi dengan rute yang berawal atau berakhir di Istana Negara, Jakarta.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan, kemenangan Timnas U-22 di SEA Games 2023 menjadi momen yang sangat bersejarah. Erick optimistis prestasi ini menjadi momentum besar bagi kebangkitan sepakbola Indonesia.  

"Pada 20 Mei nanti bangsa Indonesia akan memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Tepat hari ini, Timnas Indonesia menunjukkan apa arti bangkit yang sesungguhnya," ujar Erick dalam akun Instagram, @erickthohir usai laga final antara Indonesia melawan Thailand di Kamboja pada Selasa (16/5/2023) malam.

Erick mengatakan, pertandingan final sangat menegangkan dan dramatis. Erick memuji mental penggawa yang tidak goyah meski gagal mengunci kemenangan di waktu normal akibat gol pada menit terakhir dari Thailand.

Erick menilai, Rio Fahmi dan kawan-kawan menunjukkan karakter pemenang saat memasuki babak tambahan 2x15 menit dengan bermain tenang dan berhasil mencetak tiga gol tambahan.

"Di setiap detiknya saya tidak berhenti berdoa dalam hati, memohon ridho Allah SWT untuk mewujudkan mimpi mereka, mimpi bangsa Indonesia. Sejak mendengar Indonesia Raya berkumandang di stadion, hati ini tidak berhenti berdebar. MasyaAllah," ucap Erick. 

Erick mengatakan para pemain pantas dan layak menjadi juara. Erick juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dan doa masyarakat Indonesia.

"Selamat merayakan hasil perjuanganmu, Garuda Muda. Mental pemenang telah membawamu terbang tinggi. Terima kasih atas dukungan seluruh masyarakat. Emas ini bukti bangsa kita adalah bangsa pejuang," kata Erick.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement