Rabu 17 May 2023 15:46 WIB
...

Striker Timnas U-22 Ramadhan Sananta, The Next Teerasil Dangda

Sananta mengoleksi 5 gol di sepanjang gelaran cabor sepak bola putra SEA Games 2023.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Striker timnas Indonesia U-22 Muhammad Ramadhan Sananta melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Thailand pada final SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023).
Foto:

Sananta pun begitu kuat saat menguasai bola dan memiliki insting mencetak gol yang cukup tinggi. Keberhasilan mencetak 11 gol dari 24 penampilan bersama PSM Makassar pada Liga 1 2022/2023 tentu menjadi salah satu pertimbangan pelatih Indra Sjafri menyertakan Sananta ke skuad Indonesia U-22 di SEA Games 2023.

Torehan ini terbilang istimewa lantaran Sananta baru melakoni musim debutnya bersama PSM Makassar. Sananta memang bersinar terang di PSM Makassar. Sebelum direkrut Juku Eja, Sananta diketahui memperkuat Persikabo 1937. Jebolan PPLP Kepulauan Riau itu memulai karier profesional pada 2021. Saat itu, Sananta dikontrak PS Harjuna Putra, yang berkiprah di Liga 3.

Sananta pun mampu tampil apik dengan mencetak 9 gol dari 12 penampilan di Liga 3. Kesempatan Sananta untuk bekiprah di Liga 1 pun datang saat Persikabo 1973 meminangnya pada 2021. Namun, Sananta malah jarang mendapatkan kesempatan tampil bersama tim utama Persikabo 1973 dengan hanya mencatatkan empat penampilan.

Menilik postur dan gaya permainannya, Sananta kerap dianggap memiliki gaya permainan seperti penyerang kenamaan asal Thailand, Teerasil Dangda. Striker berusia 34 tahun itu dikenal sebagai salah satu penyerang papan atas di kawasan Asia Tenggara.

Dangda masih tercatat sebagai top skorer sepanjang masa Piala AFF dengan koleksi 19 gol. Dengan postur tubuh, gaya permainan, dan potensi yang dimiliki, ditambah dengan kemampuan menjaga konsitensi performa, bukan tidak mungkin Sananta bisa menjadi salah satu penyerang papan atas di kawasan Asia Tenggara seperti halnya Dangda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement