Rabu 17 May 2023 21:19 WIB

PP Perbasi: Semoga Emas Ini Jadi Pembuka untuk Prestasi ke Depan

Tim basket putri 5x5 meraih emas sempurna karena menyapu bersih pertandingan.

Tim basket putri Indonesia melakukan selebrasi usai memastikan meraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja.
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Tim basket putri Indonesia melakukan selebrasi usai memastikan meraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) George Fernando Dendeng berharap torehan emas tim 5x5 basket putri Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja menjadi pembuka prestasi tim Garuda di kejuaraan selanjutnya.

"Kami mewakili PB Perbasi mengucapkan terima kasih dan selamat atas capaian ini. Kiranya medali emas ini adalah awal pembuka untuk prestasi-prestasi ke depannya," kata George kepada awak media di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Rabu (17/5/2023).

Baca Juga

Dalam kejuaraan dua tahunan yang berlangsung di Kamboja itu, tim basket putri Indonesia berhasil meraih emas di nomor 5x5. Emas ini merupakan emas pertama setelah di beberapa edisi sebelumnya prestasi terbaik hanya medali perak, yaitu di SEA Games 1991 Filipina, SEA Games 2015 Singapura, dan SEA Games 2021 Vietnam.

Di edisi tahun ini, torehan emas basket putri nomor 5x5 adalah emas sempurna karena berhasil menyapu bersih pertandingan dengan kemenangan, yaitu 100-54 dari Kamboja, 89-68 dari Filipina, 85-67 dari Malaysia, 70-69 dari Thailand, 67-62 dari Vietnam, dan 86-39 dari Singapura.

Selain emas, basket putri juga meraih perunggu di nomor 3x3. Atas prestasi ini, George bersyukur timnas basket putri Indonesia dapat berbicara banyak di ajang dua tahunan pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara itu.

"Kami dari PB Perbasi mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan atas capaian prestasi timnas putri yang boleh pulang dengan dua medali, satu 3x3 perunggu dan satu yang paling membanggakan kita bisa emas," kata George.

Menurut George, prestasi ini merupakan hasil kerja keras banyak pihak sehingga dalam kesempatan yang sama ia juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang ikut terlibat. "Tentunya prestasi ini kerja banyak pihak, kami dari PB Perbasi mengapresiasi seluruh pihak yang ikut membantu dalam kesuksesan timnas ini," ujar George.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Sekretaris Jenderal National Olympic Committee (NOC) Wijaya Noeradi ikut memberikan apresiasi terhadap prestasi tim basket putri Indonesia. "Kami dari NOC mengucapkan terima kasih atas perjuangannya. Walaupun mungkin tidak membawa emas, tetap saya hargai perjuangannya," kata dia.

Perwakilan dari NOC itu menambahkan, prestasi ini dapat menjadi ajang persiapan untuk event yang akan datang seperti ASEAN Games dan SEA Games. "Persiapkan untuk multievents kita punya ASEAN Games lalu SEA Games 2025 di Thailand," kata Wijaya Noeradi.

Berikut skuat nomor 5x5 basket putri Indonesia di SEA Games 2023:

1.  Priscilla Annabel Karen

2.  Yuni Anggraeni

3.  Peyton Alexis Whitted

4.  Nathania Claresta Orville

5.  Kadek Pratita Citta Dewi

6.  Henny Sutjiono

7.  Dyah Lestari

8.  Clarita Antonio

9.  Kimberly Pierre Louis

10. Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi

11. Agustin Elya Gradita Retong

12. Adelaide Callista Wongsohardjo.

Berikut skuat nomor 3x3 basket putri Indonesia di SEA Games 2023:

1. Adelaide Callista Wongsohardjo

2. Agustin Elya Gradita Retong

3. Dyah Lestari

4. Kimberly Pierre Louis.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement