Jumat 19 May 2023 14:27 WIB

Asisten Pelatih di Balik Tajamnya Timnas U-22 Racikan Indra Sjafri; Kurniawan Dwi Yulianto

Dua penggawa Timnas U-22 bahkan menduduki posisi top skor SEA Games 2023.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Sosok-sosok di balik pelatih Indra Sjafri saat meracik Timnas U-22 SEA Games. Kurniawan Dwi Yulianto (ketiga dari kiri bawah).
Foto:

Sayangnya, saat memperkuat Tim Garuda, top skorer Liga Indonesia musim 1997/1998 itu tidak pernah mampu mempersembahkan trofi bergengsi. Prestasi terbaiknya bersama Tim Garuda adalah saatu mengantarkan Indonesia dua kali tampil di partai final Piala AFF 2000 dan 2004. Pun saat harus puas membawa Indonesia meraih medali perak di SEA Games 1997.

Eks penyerang yang pernah menimba ilmu sepak bola di Italia dalam program Primavera pada 1996 itu akhirnya bisa mempersembahkan gelar juara buat Indonesia, tepatnya via raihan medali emas SEA Games 2023. Kali ini, Kurniawan menjadi bagian dari tim pelatih yang dipimpin Indra Sjafri.

Terhitung sejak Maret 2023, pelatih berusia 46 tahun itu bergabung sebagai asisten pelatih Indra Sjafri di Timnas Indonesia U-22 di arena SEA Games 2023. Menilik posisi bermainnya saat masih aktif sebagai pesepak bola, Kurniawan pun diberikan tanggung jawab untuk memoles performa lini serang Garudan Nusantara.

Hasilnya, Indonesia tampil begitu produktif. Dari kesempatan tampil di enam laga, termasuk saat membungkam Thailand, 5-2, di partai final, Garuda Nusantara berhasil mencetak total 21 gol. Garuda Nusantara menjadi tim paling produktif selama gelaran SEA Games 2023.

photo
Ranking FIFA timnas sepak bola Indonesia. - (Republika.)

 

Ramadhan Sananta dan Irfan Jauhari menjadi dua andalan di lini serang Garuda Nusantara, selain pemain pelapis, Titan Agung dan Kelly Stroyer. Secara khusus, Sananta mampu berbagi tempat dengan Fajar Fathur Rahman dan pemain Vietnam, Nguyen Van Tung, sebagai pencetak gol terbanyak SEA Games 2023 dengan torehan lima gol.

Buat Kurniawan, ini menjadi kesempatan pertama...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement