Sabtu 20 May 2023 23:11 WIB

MU Taklukkan Bournemouth, Hampir Pasti ke Liga Champions

MU mengalahkan Bournemouth 1-0 lewat gol Casemiro.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Gelandang Manchester United Casemiro merayakan gol ke gawang Bournemouth di LIga Primer Inggris.
Foto: Adam Davy/PA via AP
Gelandang Manchester United Casemiro merayakan gol ke gawang Bournemouth di LIga Primer Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, BOURNEMOUTH -- Manchester United (MU) kian nyaman di peringkat keempat klasemen sementara Liga Primer Inggris. Setan Merah mengamankan tambahan tiga poin usai membungkam Bournemouth, 1-0, pada pekan ke-37 Liga Primer Inggris, Sabtu (20/5/2023) malam WIB. Gol kemenangan United di laga di Stadion Vitality itu dicetak Casemiro pada menit kesembilan.

Dengan hasil ini, United memantapkan posisi di peringkat empat klasemen sementara Liga Primer Inggris. Dengan koleksi 69 laga dari 36 partai, tim besutan Erik ten Hag itu unggul tiga poin dari Liverpool, yang berada di peringkat kelima. 

Baca Juga

Jalannya laga

Tekanan langsung diberikan MU pada awal laga. Skema serangan yang dibangun Christian Eriksen berbuah maksimal. Tendangan cungkil Eriksen ke jantung pertahanan Bournemouth coba dihalau oleh bek tengah Marcos Senesi. Namun, bola halauan Senesi itu hanya bisa melambung.

Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Casemiro. Gelandang bertahan asal Brasil itu menyambar bola lewat aksi akrobatik berupa overhead kick. Aksi Casemiro di mulut gawang The Cherries ini pun membawa Setan Merah unggul saat laga baru menginjak menit kesembilan.

Tidak mau kehilangan muka di depan pendukung sendiri, The Cherries mencoba bangkit dan mengendalikan permainan. Namun, tim besutan Gary O'Neill itu baru benar-benar bisa merepotkan lini belakang United saat laga memasuki menit ke-20. Kiper United, David De Gea, pun sempat penyelamatan gemilang kala menepis bola sepakan Dominic Solanke.

Kendati begitu, perbedaan kualitas pemain antara kedua tim begitu terlihat. MU masih mampu memegang kendali permainan dengan penguasaan bola mencapai 59 persen. Pun dengan keberhasilan para penggawa Setan melepaskan tujuh tembakan, berbanding satu tembakan yang dilepaskan Bournemouth setidaknya hingga menit ke-35. MU mampu mempertahankan keunggulan hingga babak pertama usai.

Situasi permainan cenderung tidak terlalu banyak berubah pada babak kedua. Tim tuan rumah mencoba untuk mencetak gol pada awal babak kedua dengan meningkatkan tempo permainan. Namun, Setan Merah bisa mengantisipasi rencana tersebut dan bisa mengimbangi permainan The Cherries.

Setan Merah mampu kembali mengambil kendali permainan dan tampil dominan. Unggul penguasaan bola hingga mencapai 60 persen, United melepaskan 19 tembakan. Pada 10 menit ke-83, tim tuan rumah memiliki peluang emas untuk bisa menyamakan kedudukan. Winger Bournemouth, Dango Ouatarra, tinggal berhadapan satu lawan satu dengan De Gea.

Setelah menerima umpan terobosan di sisi kiri pertahanan, Outarra pun sempat melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Namun, arah tembakan Outarra itu masih bisa ditebak oleh De Gea. Penjaga gawang asal Spanyol itu melakukan penyelamatan gemilang guna mempertahankan keunggulan United. Skor, 1-0, akhirnya bertahan hingga laga usai.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement