Senin 22 May 2023 06:18 WIB
...

Apakah Layak Treble Winners Diberikan kepada Manchester City Musim Ini?

Mungkin hanya nasib sial yang membuat Man City gagal raih treble winners musim ini.

Para pemain Manchester City saat merayakan kemenangan/ilustrasi.
Foto:

Paling konsisten

Kini, Manchester City menyamai Everton dengan sembilan kali menjuarai Liga Inggris atau empat trofi di bawah Arsenal yang sudah 13 kali menjuarai Liga Inggris.

Manchester United dan Liverpool menjadi dua tim yang paling sering menjuarai Liga Inggris, masing-masing dengan 20 dan 19 trofi. Man United juga menjadi tim yang paling sering menjuarai liga pada era Liga Primeer, dengan 12 trofi.

Namun sejak 2012, Iblis Merah tak pernah lagi menjuarai Liga Primer. Sebaliknya, dalam kurun waktu sama, Man City menjadi tim yang paling sering juara dengan tujuh kali juara yang enam di antaranya terjadi saat diasuh Guardiola.

Boleh dikata, semakin lama Guardiola melatih Man City, maka semakin kuat dan dominan tim ini. Tak ada tim Liga Inggris yang sekonsisten dan sekuat Man City musim ini. Pun di Eropa.

Untuk itu, jika Man City sukses meraih tiga gelar (treble winners) musim ini, maka itu sudah sepantasnya.

Dibandingkan dengan juara dan calon juara lima liga elite Eropa lainnya musim ini, hanya Barcelona yang menyamai Man City dalam urusan menorehkan kemenangan dalam pertandingan liga domestik.

Kedua tim sama-sama sudah memenangkan 26 pertandingan dari rata-rata 35-36 pertandingan liga sejauh ini.

Namun dalam urusan mencetak gol, Man City tak ada duanya. The Citizens sudah memasukkan 92 gol atau tiga gol lebih banyak dari Bayern Muenchen di Bundesliga Jerman.

Kembali, hanya Barcelona yang melampaui Man City dalam perkara sulit ditembus lawan. Musim ini sejauh ini, Barca hanya kebobolan 15 gol, atau separuh dari jumlah gol lawan yang membobol gawang Man City.

Di Liga Inggris, bersama Newcastle United, the Citizens adalah tim tertangguh yang sampai pertandingan liga yang ke-36, hanya kebobolan 31 kali, sedangkan Newcastle 32 kali.

Kini, Man City memiliki segalanya untuk tidak hanya mencetak sukses dalam Liga Champions, tetapi juga treble yang semestinya tak sulit diraih mengingat lawan-lawannya pada final Liga Champions dan Piala FA adalah Inter Milan dan Manchester United yang saat ini kelasnya agak di bawah the Citizens.

Indikatornya terlihat dari statistik Liga Inggris. Man United jauh tertinggal dari Man City sampai selisih 16 poin. Man United urutan keempat, Man City pertama.

Pun dibandingkan dengan Inter Milan yang saat ini 17 poin di bawah pemuncak klasemen Serie A Liga Italia yang juga juara musim ini, Napoli.

Inter juga masih berjuang untuk bisa mengikuti Liga Champions musim depan karena masih berebut tiga jatah tersisa dengan Juventus, Lazio, dan AC Milan.

Bukan hanya itu, secara tim, komposisi skuad Man City terlalu kuat, baik untuk Manchester United maupun Inter Milan, walaupun Man United adalah satu dari lima tim yang mengalahkan Man City musim ini.

Empat tim lainnya adalah Tottenham Hotspur, Brentford dan Liverpool, serta Southampton dalam perempat final Piala Liga. Liverpool menjadi satu-satunya tim yang dua kali mengalahkan Man City, salah satunya dalam Community Shield.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement