Senin 22 May 2023 17:36 WIB

Head To Head Indonesia vs Argentina; Garuda Muda Ternyata Pernah Dibantai Maradona Cs

Kedatangan Argentina ke Indonesia akan membuka memori tahun 1979.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Diego Maradona saat melawan timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 1979.
Foto: google.com
Diego Maradona saat melawan timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 1979.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah kabar baik untuk penggemar sepak bola tanah air. Tim nasional Indonesia dikabarkan akan beruji coba dengan Argentina pada pertengahan Juni 2023.

Ini menjadi sesuatu yang layak disimak. Pasalnya, pasukan garuda bakal berhadapan dengan juara dunia 2022. Ada Lionel Messi di sana.

Baca Juga

Messi disebut-sebut sebagai pemain terhebat dalam sejarah sepak bola. Kehadirannya bisa menjadi magnet yang memanjakan mata penonton. Bicara lapangan hijau, bukan hanya aspek individu.

Rupanya pada masa lalu, kedua negara belum pernah bertemu di kelompok senior. Pada 1979, timnas Indonesia jumpa Argentina di babak penyisihan Grup B Piala Dunia U-20. Ajang tersebut berlangsung di Jepang.

La Albiceleste yunior diperkuat legenda mereka, Diego Maradona. Raksasa Amerika Selatan unggul lima gol tanpa balas. Maradona baru berstatus wonderkid.

Perlahan tapi pasti, geliat sepak bola Indonesia menunjukkan kebangkitan. Beberapa bulan lalu, sempat terjadi pro-kontra. Itu sehubungan dengan gagalnya negara kita menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Kebetulan, Argentina menjadi penggantinya. Setelahnya, Garuda Muda tak patah semangat. Marselino Ferdinan dan rekan-rekan mencoba perutungan di event lain.

Hasilnya terlihat. Timnas Indonesia U-22 meraih medali Emas SEA Games 2023 di Kamboja. Skuad polesan Indra Sjafri disambut bak pahlawan yang menang perang.

Kini kesempatan besar menanti anak-anak muda tersebut. Jika berjalan sesuai rencana, mereka bakal meladeni ketangguhan salah satu raksasa sepak bola. Bukan hanya Messi yang menjadi bintang La Albiceleste.

Ada beberapa nama yang kini menjadi sorotan. Para jugador tersebut di antaranya Angel di Maria, Paulo Dybala, Lautaro Martinez, serta Julian Alvarez.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement