Selasa 23 May 2023 21:41 WIB

MU Akui Kesalahan Gagal Datangkan Bintang Brighton

Evan Ferguson melejit pada musim ini dengan mencetak sepuluh gol di semua kompetisi.

Bintang muda Brighton Evan Ferguson (kiri).
Foto: EPA-EFE/Vince Mignott
Bintang muda Brighton Evan Ferguson (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United (MU) mengakui bahwa mereka telah melakukan kesalahan dengan tidak merekrut bintang Brighton, Evan Ferguson, di awal kariernya. Pemain asal Irlandia itu telah melejit pada musim ini dengan mencetak sepuluh gol di semua kompetisi untuk the Seagulls pada usia 18 tahun.

Postur tubuh, kedewasaan, penyelesaian akhir dan ketenangan Ferguson pada bola telah membuatnya dibandingkan dengan kapten Inggris, Harry Kane. Begitu pesatnya perkembangan Ferguson musim ini sehingga United tertarik untuk merekrutnya musim panas ini.

Baca Juga

Namun sang remaja baru-baru ini memperpanjang kontraknya di Brighton dan ingin bertahan di klub agar tidak mengganggu perkembangannya. Jika, seperti yang diharapkan Brighton, Ferguson terus berkembang dengan kecepatan seperti itu, maka MU tidak akan memiliki banyak pilihan selain merogoh kocek lebih dalam untuk penyerang asal Republik Irlandia tersebut.

Pada saat itu, the Seagulls percaya bahwa mereka dapat menarik biaya sekitar 100 juta poundsterling untuk Ferguson, mengingat karier, dan tingkat ketertarikannya di seluruh Eropa.

United akan berada dalam posisi yang tepat ketika hari itu tiba, namun bahkan jika mereka berhasil merekrutnya, mereka akan menyesali fakta bahwa dia seharusnya sudah ada di sana di usia 16 tahun dengan biaya yang minimal.

Ferguson menjalani trial di Old Trafford, tapi ia dianggap tidak cukup baik. Kurang dari 12 bulan kemudian, sosok penggemar berat MU itu menandatangani kontrak dengan Brighton.

Sky Sports melaporkan, seperti dikutip Metro, direktur akademi MU Nick Cox mengakui bahwa itu adalah 'kesalahan sebesar 50 juta poundsterling' dan bisa jadi akan merugikan MU dua kali lipat pada masa depan.

MU akan merekrut seorang penyerang tengah yang mapan musim panas ini, dengan Kane berada di urutan teratas dalam daftar incaran Ten Hag. Namun sang pelatih asal Belanda tersebut ingin menambahkan seorang penyerang yang lebih muda untuk mendampingi Kane, dan Ferguson akan menjadi pasangan yang ideal.

Namun, MU, seperti halnya Tottenham, Manchester City dan Liverpool, memposisikan diri mereka untuk merekrut Ferguson pada tahun-tahun mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement