Kamis 25 May 2023 12:39 WIB

Veddriq Leonardo Raih Emas di AS, Yenny Wahid: Bekal Penting untuk Olimpiade 2024

Veddriq mencatatkan waktu 4,95 detik di Salt Lake City, AS.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Atlet panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo
Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Atlet panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kontingen Indonesia kembali berhasil menorehkan raihan positif dalam ajang Piala Dunia Panjat Tebing seri Salt Lake City, Amerika Serikat, Ahad (21/5/2023) lalu. Dalam kejuaraan yang digelar di Negeri Paman Sam itu, atlet speed putra panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo berhasil meraih medali emas.

Veddriq mencatatkan waktu 4,95 detik, dan berhasil mengandaskan perlawanan atlet asal Cina Wu Peng yang finish di urutan kedua dengan catatan waktu 6,99 detik.  

Baca Juga

Sementara itu, atlet speed putra Indonesia lainnya Kiromal Katibin juga turut menyumbang perunggu setelah berhasil finis ketiga dengan catatan waktu 4,98 detik saat melawan atlet asal Amerika Serikat Samuel Watson yang hanya mencatatkan waktu 5,98 detik.

Sehari sebelumnya, di nomor speed putri, atlet Indonesia Desak Made Rita Kusuma Dewi meraih medali perak dengan mencatatkan waktu 6,82 detik tertinggal dari lawannya asal Polandia Aleksandra Miroslaw yang finis di urutan pertama dengan catatan waktu 6,43 detik.

Menyikapi raihan para atletnya yang pulang ke Indonesia pada Rabu (24/5)2023) dengan membawa prestasi gemilang, Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Yenny Wahid mengaku puas dan bersyukur dengan torehan positif para atlet nasional panjat tebing Indonesia di Amerika Serikat. 

Menurut Yenny, pada dasarnya, raihan positif di Salt Lake City bakal menjadi bekal penting bagi Indonesia untuk mengumpulkan sebanyak mungkin poin agar bisa meraih target lolos ke Olimpiade Paris 2024 tahun depan.

Senada dengan Yenny, Pelatih Panjat Tebing Indonesia Hendra Basir menuturkan pada seri di Salt Lake City tujuannya tetap sama dengan seri-seri sebelumya, yaitu mengumpulkan sebanyak mungkin poin untuk mengejar target tampil di ajang Olimpiade Paris 2024.

"Masih ada enam seri, target kita berlaga dan menjadi juara di Olimpiade 2024," kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement