Kamis 25 May 2023 21:53 WIB

Kualifikasi Piala Asia U-23, Erick Thohir: Siapapun Lawan, Kita Harus Maksimal!

Indonesia jadi tuan rumah Grup K yang juga dihuni Turkmenistan dan Taiwan.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir.
Foto: Republika/Prayogi
Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir mengincar hasil terbaik bagi tim nasional (timnas) Indonesia pada kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang akan berlangsung pada September 2023. Pada kegiatan undian fase grup Kualifikasi Piala Asia U-23 di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (25/5/2023) sore, Indonesia akan menjadi tuan rumah Grup K yang juga dihuni Turkmenistan dan Taiwan.

"Hasil undian grup kita berisi tiga negara bersama Turkmenistan dan Chinese Taipei. Karena peta persaingan sepak bola di Asia saat ini berimbang, terutama di kelompok umur, maka siapapun lawan, persiapan kita harus maksimal," kata Erick seperti dikutip dari laman resmi PSSI, Kamis. "Saya optimistis atmosfer sepak bola Indonesia yang sedang baik usai meraih emas SEA Games akan memberikan energi positif untuk meraih hasil terbaik sehingga bisa lolos ke putaran final."

Baca Juga

Selain Indonesia, Federasi Sepak Bola Asia (AFC) juga menunjuk sepuluh negara lain untuk menjadi tuan rumah kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Kesepuluh negara tersebut adalah Bahrain, Cina, Yordania, Korea Selatan, Kuwait, Arab Saudi, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan, dan Vietnam.

Fase kualifikasi grup akan diselenggarakan pada 4 sampai 12 September yang diikuti oleh 43 tim dan dibagi dalam 11 grup. Sebelas juara grup dan empat runner-up terbaik akan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 pada 15 April hingga 3 Mei 2024 di Qatar.

Tuan rumah Qatar akan menggenapi jumlah peserta putaran final menjadi 16 tim. Piala Asia U-23 2024 sekaligus menjadi babak kualifikasi Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

"Jika di Piala Asia U-23 sebelumnya kita tidak lolos, maka cukup realistis jika kali ini targetnya meraih tiket ke putaran final. Status tuan rumah harus benar-benar kita manfaatkan. Saya berharap, penggemar akan membanjiri stadion dan memberikan dukungan maksimal saat timnas main di kandang," jelas Erick.

Pada Piala Asia U-23 2022, timnas U-23 tidak mampu melaju ke putaran final. Timnas kalah 2-3 dan 0-1 dari Australia pada dua pertandingan. Pengunduran diri timnas Cina dan Brunei Darussalam di Grup G pada fase kualifikasi juga mempengaruhi timnas U-23, sehingga dari grup itu, hanya Australia yang melaju ke putaran final.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement