Jumat 26 May 2023 17:12 WIB

Persija Jakarta Siap Gelar Latihan Seusai Para Pemain Jalani Rangkaian Tes

Tes fisik dan medis jadi panduan dalam mempersiapkan tim menatap Liga 1 musim baru.

Para pemain Persija Jakarta saat merayakan gol
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Para pemain Persija Jakarta saat merayakan gol

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebelum memulai latihan reguler dalam menatap Liga 1 2023/24, Persija Jakarta menjalani rangkaian tes sejak awal pekan ini. Ada tes medis yang meliputi pemeriksaan darah, ortopedi, rontgen, EKG, dan konsultasi dengan dokter ahli.

Kemudian, ada tes fisik yang terbagi dalam dua bagian. Tes fisik pertama berlangsung di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang meliputi tes body compotition, vertical jump, dan VO2Max. Tes fisik kedua dilakukan di markas tim, Nirwana Park, Bojongsari, Depok, dengan menu Maximum Aerobic Speed (MAS).

Baca Juga

Selain penting untuk pelatih dalam mengetahui kondisi fisik para pemainnya, pemain pun membutuhkan hasil dari rangkaian tes tersebut.

Striker Persija Aji Kusuma mengatakan, hasil dari tes fisik dan medis menjadi panduan untuknya dalam mempersiapkan diri menatap musim baru.

“Tes-tes yang kami lakukan ini menjadi acuan untuk meningkatkan kondisi fisik agar bisa lebih baik lagi untuk musim depan,” kata Aji Kusuma dilansir dari laman resmi Liga Indonesia, Jumat (26/5/2023).

Sama halnya Aji, penggawa Macan Kemayoran yang lain pun memiliki gairah yang tak kalah kuat. Setelah menjadi runner-up di Liga 1 2022/2023, tim Ibu Kota berambisi mengakhiri musim depan di posisi yang lebih baik. Salah satu caranya adalah fokus ke performa pribadi masing-masing pemain dalam mempersiapkan diri.

“Semoga lebih baik ke depannya dan dapat memberikan kontribusi untuk Persija di Liga 1 2023/2024,” ujar Firza Andika, bek sayap Persija.

Kini Persija bersiap menjalani latihan perdana bersama pelatih Thomas Doll. Doll saat ini sedang perjalanan dari kampung halamannya di Eropa.

“Saya memiliki target di musim depan. Tentu ingin lebih baik dari musim lalu,” ujar kapten Persija pemilik rekor 15 cleansheet dalam satu musim, Andritany Ardhiyasa.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement