Jumat 26 May 2023 21:40 WIB

Optimisme Borussia Dortmund Juara Bundesliga, Patahkan Dominasi Munchen pada Pekan Akhir

Dortmund harus mengalahkan FSV Mainz untuk juara Bundesliga.

 Para pendukung Borussia Dortmund
Foto: EPA-EFE/Anna Szilagyi
Para pendukung Borussia Dortmund

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Borussia Dortmund Edin Terzic sangat antusias dengan pekan pamungkas atau laga terakhir timnya di Bundesliga musim 2022/2023. Dortmund akan melawan FSV Mainz 05 di Signal Iduna Park, Sabtu (27/5/2023) pukul 20.30 WIB.

Setelah meraih kemenangan 3-0 melawan FC Ausburg pada pekan sebelumnya dan saat bersamaan Bayern Munchen takluk 1-3 dari RB Leipzig, kini Dortmund memimpin klasemen sementara Bundesliga dengan 70 poin diikuti Bayern di posisi kedua dengan 68 poin.

Baca Juga

Dengan sisa satu pertandingan di Liga Jerman, Die Borussen butuh kemenangan atas anak-anak asuh Bo Svensson untuk menyegel gelar Liga Jerman musim ini sekaligus mematahkan dominasi Bayern yang sudah berkuasa selama 10 tahun terakhir.

"Ini mungkin permainan terindah sejauh ini yang ada di depan saya," kata Terzic, dilansir dari laman Borussia Dortmund, Jumat (26/5/2023).

 

Trofi Bundesliga musim ini akan menjadi piala kesembilan yang diraih Dortmund sepanjang sejarah. Terakhir kali mereka mendapatkan piala pada musim 2011/2012 dalam era pelatih Jurgen Klopp.

"Ini adalah pekan yang sangat spesial bagi kami karena ini akan menjadi pertandingan terakhir musim ini. Kami bermain hingga sampai di posisi ini dan itu telah memicu banyak euforia. Itulah yang kami inginkan," kata Terzic.

Satu hari jelang laga melawan tim peringkat sembilan Liga Jerman itu, Terzic menilai tim lawannya sulit dikalahkan. Terlebih pada pertemuan pertama, timnya membutuhkan gol menit akhir yang dicetak Giovanni Reyna pada menit ke-90+3 dalam kemenangan 2-1 di MEWA Arena, kandang Mainz.

"Mereka telah menemukan sistem mereka. Tidak peduli pemain mana yang berada di lapangan, semua orang tahu peran mereka. Mereka telah menang di Leverkusen dan Leipzig sejak jeda musim dingin, dua pertandingan tandang yang sangat sulit," kata Terzic tentang tim lawan.

"Pada pertandingan sebelumnya, mereka menahan kami hingga menit ke-92, dan kami harus berjuang hingga detik terakhir untuk meraih kemenangan."

Untuk menutup perjalanan di musim ini, pelatih 40 tahun itu bertekad untuk memberikan hadiah spesial berupa kemenangan sekaligus mempersembahkan trofi juara Bundesliga kepada fans yang akan memenuhi Signal Iduna Park.

"Ini adalah perjalanan yang indah yang telah kita lalui bersama sejauh ini. Kami ingin mengakhirinya dengan kemenangan," kata Terzic.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement