Senin 29 May 2023 20:54 WIB

Erick Thohir Ingin Didik PSSI Agar tidak Rugi Usaha Apalagi Rugi Prestasi

Erick yakin kedatangan Argentina akan memberikan manfaat besar bagi Indonesia.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ketua Umum PSSI  Erick Thohir (kedua kiri) bersama Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali (kedua kanan) anggota Komite Eksekutif  (Exco) PSSI Arya Sinulingga (kanan) dan komedian Lies Hartono atau  Cak Lontong (kiri) menyampaikan keterangan pers terkait pertandinfan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia melawan Timnas Argentina di ruang konferenai pers Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (29/5/2023). Dalam Keterangannya FIFA Matchday tersebut akan digelar di SUGBK pada Senin 19 Juni 2023 mendatang dengan harga tiket dibanderol mulai Rp600 ribu untuk kategori 3, kategori 2 Rp1,2 juta, kategori 1 Rp2,5 juta dan VIP Rp4,2 juta. Pembelian tiket dimulai pada 5 Juni untuk nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan tanggal 6-7 Juni untuk penjualan umum.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kedua kiri) bersama Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali (kedua kanan) anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga (kanan) dan komedian Lies Hartono atau Cak Lontong (kiri) menyampaikan keterangan pers terkait pertandinfan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia melawan Timnas Argentina di ruang konferenai pers Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (29/5/2023). Dalam Keterangannya FIFA Matchday tersebut akan digelar di SUGBK pada Senin 19 Juni 2023 mendatang dengan harga tiket dibanderol mulai Rp600 ribu untuk kategori 3, kategori 2 Rp1,2 juta, kategori 1 Rp2,5 juta dan VIP Rp4,2 juta. Pembelian tiket dimulai pada 5 Juni untuk nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan tanggal 6-7 Juni untuk penjualan umum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –Biaya mendatangkan tim sekelas Argentina pasti tak sedikit. Ketua umum PSSI Erick Thohir sendiri ketika didesak berapa ongkos yang harus dikeluarkan, hanya menjawab biaya nantinya akan diketahui setelah ada audit dari Ernst and young.

Dalam jumpa pers saat mengumumkan harga tiket Indonesia vs Argentina, Senin (29/5/2023), Erick Thohir yang kembali ditanya mengenai biaya dan apakah PSSI siap rugi, saat mendatangkan Argentina, Erick mengatakan, jangan sampai rugi baik secara prestasi Timnas maupun usaha PSSI.

Baca Juga

"Saya ingin mendidik PSSI jangan rugi, baik dari segi prestasi atau usaha PSSI. Kita adakan laga FIFA Match Day, harus bawa hasil bagi timnas dan bawa keuangan PSSI yang lebih baik," kata Erick Thohir. 

"Optimistis dengan harga tiket, media, sponsor, target ada keuntungan, jangan sampai kita tidak bisa bawa pertandingan besar lagi karena rugi, jadi kapok bikin laga besar lagi," ungkapnya.

Peningkatan kualitas persepakbolaan Indonesia membutuhkan pengelolaan PSSI yang sehat. Salah satu indikatornya adalah PSSI tidak boleh merugi agar dalam menjalankan seluruh misinya, tidak menemui kendala.

Oleh karena itu, dalam Kongres Biasa PSSI pada 28 Mei 2023 kemarin, Erick telah menetapkan jumlah anggaran yang harus tertutupi oleh PSSI agar seluruh aktivitas pembangunan sepakbola Indonesia dapat dilaksanakan.

Nilai anggaran yang diperlukan PSSI mencapai sekitar Rp 260 miliar. Itu sudah termasuk ongkos-ongkos untuk membawa tim nasional negara lain, membayar para pelatih, pelatihan–pelatihan, serta mengelola Tim Nasional.

“Kemarin PSSI sudah melaksanakan Kongres. Disi tu PSSI ingin, selain mendapatkan dukungan pemerintah untuk membangun sepak bola, baik infrastruktur maupun Tim Nasional. Namun PSSI juga mulai komersialisasi. Kami sudah memperhitungkan sebesar Rp 260 Miliar target (anggaran). Ini semua akan terbuka pada waktunya, kami sudah menunjuk auditor, Erns and Young, sehingga data akan terbuka, yang mana cost-nya dan berapa pendapatannya,” ujar Erick.

Berkaitan dengan hal tersebut, Erick menegaskan bahwa setiap pertandingan, baik besar yang mendatangkan tim kuat dunia, maupun tim–tim negara lain demi menambah poin Indonesia, seluruhnya telah memperhitungkan dengan matang biaya dan manfaatnya. Termasuk, diantaranya dalam menetapkan harga tiket yang ditetapkan setelah dilakukan survei terlebih dahulu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement