Rabu 31 May 2023 07:03 WIB

Guardiola Sabet Gelar Pelatih Terbaik Musim 2022/2023 Versi Asosiasi Manajer Inggris

Guardiola sudah tiga kali meraih penghargaan pelatih terbaik di Inggris ini.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
 Pelatih kepala Manchester City Pep Guardiola (ilustrasi). Pep meraih gelar pelatih terbaik di Inggris versi asosiasi pelatih Inggris (LMA).
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Pelatih kepala Manchester City Pep Guardiola (ilustrasi). Pep meraih gelar pelatih terbaik di Inggris versi asosiasi pelatih Inggris (LMA).

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Manchester City Pep Guardiola terpilih sebagai pelatih terbaik di Inggris musim 2022/23. Pemilihan dilakukan oleh Asosiasi Manajer Inggris (LMA), wadah tempat bergabungnya pelatih dari Liga Primer, Divisi Championship, Leeague One, League Two, serta timnas Inggris.

Ini ketiga kalinya, Guardiola memenangkan trofi individu tersebut, menyamai pencapaian David Moyes. Pria Katalan itu cuma tertinggal dua angka di belakang Sir Alex Ferguson. Kali ini, Pep membawa City mempertahankan gelar Liga Primer. The Sky Blues terlalu perkasa bagi setiap lawan.

Baca Juga

The Citizens belum berhenti. Erling Haaland dan rekan-rekan juga lolos ke final Piala FA dan Liga Champions. Andai memenangkan semuanya, maka pasukan Etihad mengikuti jejak Manchester United pada 1999 lalu.

Hanya Man United satu-satunya tim Inggris yang pernah mendapatkan treble dalam semusim kompetisi, yakni juara Liga Primer, Piala FA, Liga Champions. City di ambang pencapaian rival sekotanya itu.

"Merupakan kehormatan luar biasa untuk mendapatkan trofi. Kami berada di liga terbaik dunia, dan saya berjanji kepada anda kami akan berada di sana lagi musim depan (bersaing memperebutkan semua gelar)," kata Guardiola, dikutip dari laman BBC, Rabu (31/5/2023).

Di kategori putri, pelatih Chelsea, Emma Hayes memenangkan penghargaan Women's Super League Award. Total ia meraih trofi tersebut sebanyak enam kali atau keempat kalinya secara beruntun. Ia baru saja membawa the Blues merebut gelar liga setelah bersaing ketat dengan Manchester United. 

Kembali ke Guardiola, ia hanya terpisah dua pertandingan lagi dari sejarah besar. Dimulai dari final Piala FA kontra Man United. Partai tersebut berlangsung di Stadion Wembley, London, akhir pekan ini. Tepatnya pada Sabtu (3/6/2023) malam WIB.

Setelahnya, City menuju Eropa. The Citizens berjumpa Inter Milan di Ataturk Olympic Stadium, Istanbul, Turki, Ahad (11/6/2023) dini hari WIB.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement