Rabu 31 May 2023 14:51 WIB

Eks Bek Timnas Prancis Eric Abidal: Insya Allah Sepak Bola Indonesia Berada di Level Atas

Abidal percaya PSSI akan menghadirkan program untuk pemain menjadi lebh baik.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Legenda sepakbola Prancis Eric Abidal berpose untuk Republika saat mengunjungi Masjid At Thohir, Depok, Jawa Barat, Rabu (31/5/2023).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Legenda sepakbola Prancis Eric Abidal berpose untuk Republika saat mengunjungi Masjid At Thohir, Depok, Jawa Barat, Rabu (31/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Mantan bek tim nasional (timnas) Prancis, Eric Abidal mengatakan sepak bola Indonesia berada di bawah kepengurusan yang tepat. Ia berharap ke depannya atlet sepak bola Indonesia dapat berlaga di level internasional.

"Mengenai sepak bola, saya kira sekarang Indonesia mempunyai sosok yang terbaik di dalam mengurus dan mengontrol federasi," kata Eric Abidal dalam sesi wawancara bersama Republika.co.id di Masjid At-Thohir, Cimanggis, Depok, Rabu (31/5/2023).

Baca Juga

Sepak bola Indonesia saat ini tengah memasuki babak baru setelah resminya Erick Thohir menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Erick melancarkan sejumlah terobosan dalam masa awal kepengurusannya. Kedatangan Abidal pun atas prakarsa Erick.

Abidal menjelaskan, Erick merupakan sosok berpengalaman dan tahu apa yang harus dilakukan ketika membangun suatu gagasan. "Saya kira dia ingin yang terbaik untuk negara dan generasi pemain muda Indonesia. Ia juga berharap ia dapat melakukan terbaik mengembalikan sepak bola negara ini ketempat semestinya. Insya Allah Indonesia akan berada di level top," sambung pria berusia 43 tahun.

Di sisi lain, legenda Barcelona ini mengingatkan soal pentingnya struktur yang terorganisasi baik di federasi maupun klub. Pasalnya, itu akan sangat berpengaruh pada tingkat kualitas pemain muda.

"Selain berserah dan berdoa kepada Allah SWT, saya menilai federasi akan menghadirkan program pendidikan pelatihan untuk para pemain agar menjadi lebih baik. Fokus dan kerja keras bakal membuahkan hasil terbaik," kata dia.

Abidal bisa dikatakan sebagai bek tengah jempolan yang pernah hadir di sepak bola Eropa. Kariernya mentereng ketika bersama Barcelona dengan menjuarai empat trofi La Liga, dua Coppa del Rey dan dua Liga Champions.

Di level timnasm Abidal mendapat kepercayaan tampil memperkuat timnas Prancis sejak 2004. Sembilan tahun jadi pilar lini belakang Les Bleus ia sukses mengantongi 67 caps dan finis runner up di Piala Dunia 2006.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement