Rabu 31 May 2023 17:40 WIB

Coba Pecahkan Misteri Sakit Mata yang Dialami Kurnia Meiga, Tim Dokter Temukan Hal Ini

Kurnia Meiga tiba-tiba pensiun pada 2017 lalu karena persoalan di matanya.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Kurnia Meiga (kanan) saat menjadi pahlawan timnas Indonesia U-23.
Foto: Antara//Ismar Patrizki
Kurnia Meiga (kanan) saat menjadi pahlawan timnas Indonesia U-23.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan penjaga gawang timnas Indonesia Kurnia Meiga terus mendapat penanganan langsung dari dokter RS Pusat Pertamina (RSPP) yang dikirim langsung oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Meiga, yang pernah sangat diandalkan oleh Arema Malang dan timnas Indonesia kini tampak berbeda. 

Tiba-tiba pensiun pada 2017 silam di tengah karier yang menanjak, tak ada yang tahu pasti saat itu apa alasan Meiga mendadak berhenti dari dunia sepak bola. Hingga akhirnya, terkuak bahwa Meiga diketahui mengalami masalah dalam penglihatan.

Baca Juga

Namun, tak ada yang tahu kelainan mata apa sebenarnya yang Meiga alami saat itu. Seluruh masyarakat Indonesia pun merindukan aksi dan terus mendoakannya. 

Kini, Tim dokter mengatakan, akan ada pemeriksaan lanjutan terhadap kondisi mata dari legenda sepak bola Indonesia itu. Selain itu, ada kemungkinan pemberian alat bantu penglihatan. 

Dalam unggahan video di akun media sosial Erick Thohir, Kurnia Meiga tampak menjalani beberapa pemeriksaan bersama tim dokter. Pemeriksaan yang dilakukan mulai dari pemeriksaan fisik, pemeriksaan matanya sendiri, laboratorium dan radiologi. Saat diperiksa, tim dokter menemukan adanya kelainan pada mata mantan kiper Arema FC itu.

"Jadi yang menonjol mata sebelah kiri, tapi yang kanan pun ada kelainan," kata dokter seperti dikutip dari unggahan video tersebut, Rabu (31/5/2023). "Rencananya akan ada pemeriksaan lanjutan dan pemberian alat bantu penglihatan," ujarnya menambahkan. 

Ketua Umum PSSI Erick Thohir juga sudah menemui Meiga untuk memastikan sendiri keadaan dari legenda timnas Indonesia tersebut. Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut mengaku telah mendapatkan laporan dari tim dokter terkait kondisi peraih penghargaan kiper terbaik Piala AFF 2016 itu.

"Tim dokter sudah lapor ke saya. Meiga dan keluarga harus mulai disiplin, makan-makanan yang sehat. Dan juga akan dicarikan alat bantu, untuk supaya bisa menjaga penglihatannya stabil," kata Erick dalam video tersebut. 

Di sisi lain, mantan bos Inter Milan itu juga meminta bantuan kepada Meiga agar bisa menyempatkan diri untuk bertemu dengan pemain-pemain muda membicarakan pengalaman dan perjuangan selama di timnas Indonesia. "Sekali-sekali Meiga janji kan bantu saya? Ketemu pemain-pemain muda bicara motivasi, kisah hidup," kata Erick.

"Saya juga bersepakat, insyaallah kita bisa bantu jadi pengusaha. Mau cari franchise. Terimakasih ya," kata Erick. "Saya yang terima kasih banyak pak," jawab Meiga. "Senang saya, karena (Meiga) tetap semangat," lanjut Erick

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement