Kamis 01 Jun 2023 11:12 WIB

Usai Kekalahan di Final Liga Europa, Mourinho Buka Peluang Tinggalkan AS Roma

Mourinho masih memiliki sisa kontrak selama setahun bersama AS Roma.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih AS Roma Jose Mourinho.
Foto: EPA-EFE/MICHELE MARAVIGLIA
Pelatih AS Roma Jose Mourinho.

REPUBLIKA.CO.ID, BUDAPEST -- Jose Mourinho masih memiliki sisa kontrak selama setahun bersama AS Roma. Mengaku sempat mendapatkan tawaran menukangi timnas Portugal, Mourinho pun mulai terbuka dengan kemungkinan meninggalkan I Giallorossi pada akhir musim ini.

Meski sempat terseok-seok di pentas Serie A Liga Italia musim ini, I Giallorossi justru mampu tampil apik kala berkiprah di arena Liga Europa. Paulo Dybala dan kawan-kawan mampu melaju ke babak final kasta kedua kompetisi antar klub Eropa tersebut pada musim ini.

Baca Juga

Bahkan, di antara empat kontestan di babak semifinal Liga Europa musim ini, AS Roma menjadi satu-satunya klub yang melakoni kiprah di Liga Europa. Sevilla, Bayer Leverkusen, dan Juventus merupakan tiga tim yang tampil di Liga Europa lantaran gagal bersaing di fase grup Liga Champions.

Namun, perjalanan AS Roma di pentas Liga Europa tidak berujung dengan manis. Klub asal Ibu Kota Italia itu dipaksa mengakui keunggulan Sevilla, 1-4, via babak adu penalti dalam partai final yang digelar di Stadion Puskas Arena, Budapest, Hungaria. Pemenang di laga itu ditentukan via babak adu penalti usai kedua tim bermain imbang, 1-1, selama 120 menit.

Pasca-kekalahan tersebut, Mourinho pun membuka kemungkinan soal akhir kiprahnya bersama AS Roma, termasuk dengan memulai pembicaraan dengan pemilik klub. Bukan tidak mungkin, pembicaraan itu berujung dengan kepergian Mourinho dari I Giallorossi pada akhir musim ini.

Terlebih, AS Roma dipastikan absen di pentas Liga Champions musim depan. Bahkan, I Giallorossi terancam tidak bisa merumput di arena Liga Europa. Berada di peringkat keenam klasemen sementara Serie A, AS Roma hanya unggul satu poin dari Juventus saat Liga Italia tinggal menyisakan satu partai lagi.

''Saya akan mulai berlibur pada Senin (pekan depan). Jika kami masih memiliki waktu sebelum Senin, kami akan melakukan pertemuan. Jika tidak, maka saya akan berlibur. Saya tidak mengatakan secara objektif untuk tetap bertahan di sini,'' ujar Mourinho seperti dikutip Football Italia, Kamis (1/6/2023).

Apabila nantinya mendapatkan tawaran dari klub lain pada awal musim depan, Mourinho mengaku akan mengungkapkan tawaran itu kepada pemilik AS Roma. ''Saya adalah orang serius. Beberapa bulan lalu, saya berkata kepada pemilik klub, apabila saya mendapatkan tawaran dari klub lain, maka pihak klub akan menjadi yang pertama mengetahui tawaran itu,'' jelas Mourinho.

Sebelumnya, Mourinho sempat dilaporkan menjadi salah satu kandidat kuat sebagai penganti Fernando Santos di kursi pelatih timnas Portugal. Begitu pula dengan rumor soal ketertarikan Paris Saint-Germain (PSG) untuk bekerja sama dengan pelatih yang menjuluki dirinya sebagai the Special One tersebut.

Mourinho pun mengaku sempat mendapatkan tawaran untuk menukangi timnas Portugal. Namun, eks pelatih Tottenham Hotspur itu tidak lagi mendapatkan tawaran dari klub lain, termasuk soal kabar tawaran dari PSG. ''Saya sempat berbicara dengan pihak klub pada Desember lalu, saat mendapatkan tawaran dari timnas Portugal. Sejak saat itu, saya tidak pernah melakukan kontak dengan siapapun,'' kata dia menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement