Kamis 01 Jun 2023 15:15 WIB

Pemain Timnas U-16 Arkhan Kaka Idolakan Abidal karena Pantang Menyerah dan Taat Agama

Tim Putih yang diperkuat Arkhan Kaka dan dilatih Abidal juara Fourfeo Mini Tournament

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Legenda sepak bola Prancis, Eric Abidal memberikan instruksi dari pinggir lapangan dalam Fourfeo Mini Tournament, Brimo Future Garuda di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (1/6/2023).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Legenda sepak bola Prancis, Eric Abidal memberikan instruksi dari pinggir lapangan dalam Fourfeo Mini Tournament, Brimo Future Garuda di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (1/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain timnas Indonesia U-16 Arkhan Kaka mengaku senang dan bangga bisa memiliki pengalaman dilatih oleh legenda sepak bola Prancis Eric Abidal dalam Fourfeo Mini Tournament di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (1/6/2023). Tim Putih yang ditangani oleh Abidal berhasil menjuarai Mini Tournament tersebut, mengalahkan tim asuhan legenda lain.

Tiga legenda lain, yakni Roberto Carlos, Juan Sebastian Veron dan Georgios Karagkounis menangani tim berbeda dalam mini turnamen tersebut. Tim Kuning ditangani oleh Karagkounis. Tim Biru didampingi Carlos. Adapun Veron menangani tim Merah. Abidal bersama tim Putihnya yang akhirnya berhasil menjuarai turnamen tersebut setelah.

Baca Juga

Pemain muda Persis Solo, Arkhan Kaka mengaku bangga bisa bergabung dengan tim Abidal, pasalnya ia juga sangat mengidolakan legenda Barcelona tersebut. "Rasanya senang sih pastinya, bangga juga. Banyak ilmu belajar, kita semua pemain pasti merasakan hal yang sama. Pasti ke depannya ini jadi modal kita untuk lebih baik," kata Arkhan kepada wartawan, Kamis (1/6/2023).

Arkhan mengungkapkan alasan dia mengidolakan Abidal. Menurutnya legenda Prancis itu mempunyai motivasi tinggi yang patut dicontoh. Pasalnya Abidal didiagonosa mengidap kanker hati saat masih membela Barcelona pada 2011. Tetapi bek itu tetap meneruskan perjuangannya sebagai pemain dan baru memutuskan pensiun pada 2014.

Selain itu, Arkhan juga mengidolakan Abidal karena mantan pemain itu taat beragama. "Beliau membuat pemain jadi termotivasi, kerja keras dan attitudenya bagus, agamanya juga kuat," kata Arkhan.

Arkhan merupakan salah satu pemain U-16 yang mengikuti program Brimo Garuda Future yang diselenggarakan sejak 29 Mei - 1 Juni 2023. Dalam program BRImo Future Garuda ini, sebanyak 50 anak atau talenta-talenta muda pilihan berusia di bawah 16 tahun (U-16) menjalani sejumlah rangkaian kegiatan pelatihan hingga pembekalan bermain sepak bola.

Ia mengungkapkan, banyak ilmu yang didapat selama mengikuti program maupun dan selama ditangani oleh para legenda dalam Mini Tournament itu. "Ada sih (cara lewatin bek), tadi dapat tips untuk mengembangkan lagi. Lebih banyak ilmulah di sini, bagus buat saya belajar ke depannya. Banyak ilmu yang saya cari dan mereka berikan tips untuk melewati pemain, shooting, cara bergerak, dan penempatan posisi," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement