Jumat 02 Jun 2023 05:53 WIB

Wamendag RI Dorong Industri Olahraga Selam

Banyak sektor termasuk olahraga yang bisa berkontribusi dalam perdagangan.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Endro Yuwanto
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga (kanan).
Foto: ANTARA/Feny Selly
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Republik Indonesia (RI) Jerry Sambuaga menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap ajang pameran internasional kategori olahraga selam, olahraga air, olahraga esktrem, dan outdoor adventure, DXI 2023.

“Saya mengapresiasi acara seperti ini dan saya mengucapkan terima kasih atas kolaborasinya selama ini dengan Kemendag. Dan yang pasti yang ingin saya sampaikan, dalam hal program, dalam hal penyelenggaraan, dan dalam fasilitas, kami siap untuk membantu,” ujar Jerry, Kamis (1/6/2023).

Lebih lanjut, Jerry juga menyampaikan bahwa neraca perdagangan RI yang salah satunya juga didukung oleh sektor pariwisata maupun olahraga berhasil mencapai angka surplus. Sehingga artinya, ekspor Indonesia saat ini lebih besar daripada impor.

“Angkanya tak sedikit. Jadi kalau ada yang bilang impor kita lebih besar itu tidak tepat. Ekspor kita jauh lebih besar dan di Desember 2022 angkanya mencapai 54,46 miliar dolar AS, tertinggi sepanjang Indonesia merdeka,” jelas Jerry. “Ini semua bukan hanya kerja keras Kemendag, tapi semuanya termasuk sektor-sektor lain yang menunjang dan memberikan kontribusi terhadap perdagangan.”

Oleh sebab itu, Jerry memaparkan bahwa dirinya yakin banyak sektor termasuk olahraga yang bisa berkontribusi dalam perdagangan sehingga pihak Kemendag pun siap mendukung gelaran DXI 2023 dalam bentuk apapun.

“Saya yakin kalau kita bicara soal olahraga atau apapun, banyak sektor-sektor yang bisa dikontribusikan ke perdagangan. Jadi Kemendag siap mendukung dalam bentuk apapun. Kami siap berkolaborasi dan memfasilitasi khususnya dalam kegiatan olahraga dan kegiatan lain yang bisa menunjang serta bisa memberikan kontribusi secara signifikan,” ujar Jerry menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement