Sabtu 03 Jun 2023 02:53 WIB

TImnas Argentina Mau Lawan Timnas Indonesia karena Lobi Erick Thohir

Erick thohir mendatangkan Timnas Argentina bangkitkan nasionalisme bangsa.

Ketua PSSI Erick Thohir mendatangkan Timnas Argentina sebagai terobosan yang sangat menggembirakan.
Foto: Republika/Prayogi
Ketua PSSI Erick Thohir mendatangkan Timnas Argentina sebagai terobosan yang sangat menggembirakan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kehadiran timnas dan bintang sepak bola dunia ke Indonesia bukanlah pertama kalinya, sebab beberapa kali sejumlah timnas dan bintang dunia datang melawan Timnas Indonesia. Seperti Timnas Uruguay bersama Luis Suarez. Namun menurut Taufik Jursal Effendi, Ketua Umum Asosiasi Sekolah Sepak Bola Seluruh Indonesia (ASSBI) yang membedakan laga Timnas Indonesia melawan Timnas Argentina adalah bagian yang tak terpisahkan dari FIFA Match Day.

Taufik menilai kehadiran Timnas Argentina ke Indonesia akan membawa semangat dan gairah insan sepak bola yang sebelumnya sempat runtuh akibat gagalnya penyelenggaraan Piala Dunia U20. Sehingga yang dilakukan Ketua PSSI Erick Thohir dengan mendatangkan Timnas Argentina merupakan terobosan yang sangat menggembirakan bagi seluruh pemain dan pencinta sepak bola di Indonesia.

Selain itu kehadiran Timnas Argentina ke Indonesia juga memberikan indikasi atau perlambang kebangkitan sepak bola. Sehingga Erick yang mendatangkan Timnas Argentina membangkitkan kebanggaan dan rasa nasionalisme bangsa Indonesia. “Pertandingan antara Timnas Indonesia dengan Timnas Argentina yang yang dibuat Ketua Umum PSSI Erick Thohir sangat bagus dan patut kita apresiasi," kata dia di Jakarta, Kamis (1/6/2023).

Ia menyebut, saat ini rakyat Indonesia harus mengesampingkan sisi politis dan potensi bisnis yang didapat dari pertandingan tersebut. Kita, kata Taufik, harus lihat dan belajar bagaimana Timnas Argentina datang dan mempersiapkan suatu pertandingan.

"Semua itu bisa menjadi pelajarannya yang sangat berharga. Itu sangat tak ternilai harganya," ucap Taufik.

Kehadiran Timnas Argentina ke Indonesia dan masuk dalam FIFA Match Day menurut Taufik adalah hal luar biasa, bukan seperti pertandingan timnas beberapa waktu yang lalu. "Hadirnya Timnas Argentina dan masuk dalam FIFA Match Day pasti ada campur tangan serta lobi dari Erick. Mana mungkin Timnas Argentina hadir kalau tanpa dilobi Erick. Erick keren,” kata ketua dan pelatih sepak bola Go Ahead Garuda.

Taufik menilai pengamat yang menyatakan negatif atas usaha Erick mendatangkan Timnas Argentina ke Indonesia adalah sia-sia, bukanlah orang yang mengerti sepak bola. Erick mendatangkan Timnas Argentina bertujuan agar Indonesia dapat belajar banyak dari negara yang sudah berhasil membuat timnasnya menjadi juara dunia.

"Belajar me-manage dan membuat timnas menjadi juara dunia menurut Taufik tak ternilai dengan apa pun. Sekarang tinggal coach Shin Tae-yong dapat mempersiapkan squad Timnas Indonesia untuk dapat melawan Timnas Argentina sebaik mungkin," ujar Taufik.

Taufik berharap Timnas Indonesia tak kalah telak dengan Timnas Argentina. Pelatih sepak bola usia dini ini percaya Timnas Argentina akan menjalani laga ini dengan profesional dan dengan kekuatan penuh.

“Menang kalah itu dalam suatu pertandingan sepak bola itu biasa. Football is the real games. Kalau pun nanti Indonesia kalah, menurut saya bukan itu tujuan Erick sesungguhnya," ucap dia.

Jika ada yang mengatakan Erick mendatangkan Timnas Argentina akan mempermalukan Indonesia di mata dunia sepak bola menurut Taufik adalah hal yang salah. Tujuan Erick sesungguhnya menurut dia adalah agar insan sepak bola Indonesia dapat belajar proses bagaimana tim besar dunia mempersiapkan pertandingan sepak bola.

"Tidak sembarangan Argentina mempersiapkan timnas yang akan bertanding. Itu objektif yang ingin Erick dapatkan dari kehadiran Timnas Argentina. Tidak kalah lebih dari 2:0 menurut saya sudah prestasi bagi Timnas Indonesia," ujar Taufik.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement