Sabtu 03 Jun 2023 09:38 WIB

Ini Alasan Lintasan AGI Jakarta International E-Prix Circuit Formula E Hanya 2,4 Km

Lebar trek 12 meter serta 18 tikungan, desain sirkuit menyerupai kuda lumping.

Foto udara suasana dari lintasan jelang balap Formula E 2023 di AGI Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta.
Foto: Antara/M. Risyal Hidayat
Foto udara suasana dari lintasan jelang balap Formula E 2023 di AGI Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Balapan GulaVit Jakarta E-Prix 2023 resmi dimulai di AGI Jakarta International E-Prix Circuit, Sabtu dan Ahad (3-4 Juni 2023) dengan panjang lintasan hanya 2,4 km. Balapan Formula E jauh berbeda dengan balap Formula 1 yang menggunakan mesin pembakaran dalam. Sirkuit Formula 1 panjang hingga 5 km, sedangkan Formula E separuh dari panjang sirkuit Formula 1. 

photo
Kondisi AGI Jakarta International E-Prix Circuit. - (Dok. Gul)

Dengan demikian, durasi Formula 1 lebih lama sedangkan Formula E lebih pendek. Trek Formula 1 bisa lebih dari 5 km. Namun Formula E hanya 2,4 km sehingga setiap penonton dapat melihat lebih cepat pembalap kembali ke titik awal. Arah lintasan  yakni Clock Wise/searah jarum jam dengan panjang trek 600 meter.

Baca Juga

Balapan kedua di Indonesia ini melibatkan sponsor utama yakni Gulavit, Bank Artha Graha Internasional (AGI) Elektronic City, Discovery Hotels & Resorts, serta didukung oleh Cimanggis Golf Estate, Artha Graha Peduli, dan lain-lain  dengan lintasan sepanjang 2,4 km, lebar 12 meter  serta 18 tikungan serta desain sirkuit menyerupai kuda lumping.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement