Rabu 07 Jun 2023 10:37 WIB

Festival Olahraga Masyarakat 2023 akan Digelar 2-9 Juli

Sport Expo & Sport Fashion akan diselenggarakan di B-EXPO Hall Bandung.

KORMI Nasional menjadi penyelenggara Fornas 2023.
Foto: Dok. Web
KORMI Nasional menjadi penyelenggara Fornas 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Festival Olahraga Masyarakat (Fornas) 2023 akan digelar pada 2-9 Juli. Kegiatan ini disebut berlandaskan pada Undang-undang Keolahragaan No.11 tahun 2022 sebagai bentuk pengejawantahannya.

Visi Indonesia 'Emas' 2045 yaitu mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang Merdeka, Berdaulat, Adil dan Makmur hendak dicapai melalui visi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) 2021-2045 berdasarkan Perpres No.8 / 2021 Mewujudkan Indonesia Bugar, Berkarakter Unggul, dan Berprestasi Dunia. 

Baca Juga

Berangkat dari itulah Komite Olah Raga Masyarakat Indonesia (KORMI) sebagai satu-satunya organisasi yang menaungi berbagai Induk organisasi olahraga masyarakat di Indonesia, dan juga anggota The Association For International Sports For All (TAFISA), mengemban amanah di garis depan untuk mengolahragakan masyarakat. Ini sebagai bentuk atas pelaksanaan program tersebut diatas, KORMI secara berkesinambungan menyelenggarakan Fornas setiap dua tahun di tiap tahun ganjil, dan saat ini sudah memasuki FORNAS VII 2023 yang akan dilaksanakan pada tanggal 2-9 Juli 2023 di Jawa Barat, yaitu di Kabupaten Bandung, Kota Bandung dan Kota Bekasi, dengan tema “merajut potensi olahraga masyarakat menuju sukses indonesia bugar 2045”;

Upacara Pembukaan Fornas VII 2023 Jawa Barat akan dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2023 jam 18.30 WJB di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung yang merupakan pusat kegiatan Fornas VII 2023 Jawa Barat. "Pembukaan akan dimeriahkan dengan MC Rafi Ahmad dkk, artis penampil Iwan Fals, Neyl Author Idol, Multimedia Content, pesta Kembang Api, 1.000 orang pagelaran budaya, dan devile kontingen peserta Fornas VIII 2023 Jawa Barat," kata Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Pusat, Hayono Isman, Rabu (7/6/2023). 

Fornas VII 2023 akan diikuti Kontingen dari 38 Provinsi seluruh Indonesia, dengan peserta/pegiat melibatkan masyarakat dari seluruh lapisan dan usia, termasuk anak-anak, pelajar, mahasiswa, dewasa, kaum professional, hingga kaum lanjut usia. Fornas VII 2023 akan digelar di 37 venue pertandingan dan eksibisi dengan menampilkan dan mempertandingkan berbagai jenis olahraga masyarakat dari 85 Induk Organisasi Olahraga Masyarakat anggota KORMI, antara lain senam kebugaran, yoga, tai chi, olahraga pernapasan, barongsai, berbagai olahraga tradisonal, sepeda BMX maupun sepeda tua dan bahkan push bike bagi anak-anak usia 5 - 7 tahun. Kemudian, skate board, street soccer, e-sport, airsoftgun, panahan tradisional, Llayang-layang, lari trail dan orienteering, off road, pencak silat, karate, taekwondo, binaraga, panco, ketapel, dance sport dan berbagai olahraga masyarakat lainnya dari tiga klaster komisi olahraga di KORMI yaitu Olahraga Kesehatan dan Kebugaran (OKK), Olahraga Tradisional dan Kreasi Budaya (OTKB) dan olahraga petualangan dan tantangan. 

Selain itu, Fornas VII 2023 juga akan menghadirkan event seru lainnya dalam rangkaian Fornas VII 2023 yaitu, sport expo and sports fashion, Festival Pencak Silat Tradisi, seminar olahraga, games, eksibisi, bazar, “bedas ekspo” bagi para UMKM, konvoi, dan konser musik.

"Sport Expo di samping akan dihadiri peserta eksibitor ternama juga akan hadir produk dari induk olahraga masyarakat KORMI seperti katapel, panahan tradisonal, sepeda onthel, airsoftgun dan banyak lagi. Sedangkan Sport Fashion akan menghadirkan dan mengangkat potensi desainer muda Jawa Barat dengan tema Sport Fashion For All, dengan mengikutsertakan stakeholder antara lain pengusaha tekstil, garmen, apparel," kata dia. 

Dia menjelaskan, Sport Expo & Sport Fashion akan diselenggarakan di B-EXPO Hall Bandung pada tanggal 5 hingga 8 Juli 2023  

"KORMI Nasional juga bekerjasama dengan Walikota Kota Bekasi pada tanggal 3 dan 4 Juli 2023 bertempat di Hall Basket GOR Patriot, Kota Bekasi menyediakan ‘panggung nasional’ untuk gelarang pencak silat," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement