Senin 12 Jun 2023 07:44 WIB

Juara Piala Dunia U-20, Uruguay Patahkan Dominasi Tim Eropa

Uruguay mengalahkan Italia 1-0 untuk mengangkat trofi Piala Dunia U-20.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Para pemain Uruguay merayakan keberhasilan menjuarai Piala Dunia U-20 di Argentina setelah mengalahkan Italia 1-0 di final.
Foto: EPA-EFE/DEMIAN ALDAY ESTEVEZ
Para pemain Uruguay merayakan keberhasilan menjuarai Piala Dunia U-20 di Argentina setelah mengalahkan Italia 1-0 di final.

REPUBLIKA.CO.ID, LA PLATA--Uruguay keluar sebagai juara Piala Dunia U-20 2023 setelah mengalahkan Italia 1-0 di partai final Ciudad de La Plata, Senin (12/6/2023) dini hari WIB. Ini merupakan gelar Piala Dunia U-20 pertama bagi Uruguay sekaligus mengakhiri rentetan empat kemenangan beruntun tim Eropa di turnamen ini.

Pertandingan berlangsung ketat hingga gol kemenangan Uruguay baru tercipta pada menit ke-86 lewat Luciano Rodriguez melalui sundulan. Uruguay keluar sebagai pemenang meskipun Italia lebih mendominasi permainan.

Baca Juga

Laga final ini dihadiri oleh lebih dari 40 ribu penonton yang mayoritas memberikan dukungan kepada Uruguay. Presiden FIFA Gianni Infantino turut hadir dalam pertandingan puncak tersebut.

Uruguay sejatinya memiliki peluang mencetak gol lebih awal lewat tendangan bebas Rodriguez, dua tembakan jarak jauh kapten Fabricio Diaz dan sundulan Anderson Duarte. Namun kiper Italia mampu mengagalkan peluang emas mereka.

Italia dan Uruguay tidak termasuk favorit menjuara Piala Dunia U-20. Lainnya halnya dengan Brazil dan Inggris mereka lebih diunggulkan daripada mereka. Pasalnya, Italia dan Uruguay menghadapi masalah dari klub pemain yang dipanggilnya karena tidak wajib bagi klub melepaskan pemain yang dipanggil.

Namun Uruguay dan Italia justru tampil mengesankan. Bahkan Uruguay tampil dengan pertahanan terbaik yang hanya kebobolan tiga gol selama turnamen yakni di penyisihan grup melawan Inggris. Uruguay sendiri sudah dua kali di final sebelumnya yakni 1997 da 2013 namun kalah.

Gelar ini melengkapi kemenangan Argentina di Piala Dunia 2022 Qatar di mana tim-tim Eropa kalah dari tim Amerika. Di laga lain, Israel menempati peringkat ketiga turnamen ini setelah mengalahkan Israel 3-1. 

sumber : AP

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement